Jambi (ANTARA Jambi) - Ketinggian air Sungai Batanghari, Jambi pada Sabtu masih bertahan di titik 14,30 meter.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, Bambang Hidayah di Jambi, Sabtu mengatakan, jika ketinggian air bertambah delapan centimeter lagi maka kondisinya akan berubah menjadi siaga II.

Status tersebut merupakan versi Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS), sementara menurutnya antara BWSS dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) belum ada keseragaman terkait penentuan status muka air.

Sementara terkait ketinggian muka air Sungai Batanghari, Bambang mengatakan, dalam beberapa hari ke depan masih berpotensi untuk terus naik.

"Hujan di daerah hulu sungai masih terjadi, kemungkinan ketinggian air Sungai Batanghari masih akan naik lagi," katanya di sela pelaksanaan turnamen tenis meja Jambi Terbuka 2013 di GOR Kota Baru Jambi.

BWSS VI saat ini telah membentuk posko penanggulangan bencana banjir. Berbagai peralatan mulai dari perahu karet, bronjong, karung pasir, truk dan juga pompa air sudah disiagakan.

Bambang menilai, banjir besar tahun ini merupakan siklus 10 tahun sekali, selain itu kemungkinan dipicu rusaknya hutan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Untuk luas genangan air akibat banjir di wilayah Kota Jambi dalam 10 tahun terakhir seluas 4.515 hektare dengan ketinggian genangan 1-4 meter dan waktunya 4-30 hari.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013