Jambi (ANTARA Jambi) - Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi menyatakan empat daerah kabupaten di Provinsi Jambi masuk kategori rawan akan konflik satwa khususnya harimau.

"Keempat daerah ini adalah Merlung di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sebagian Kabupaten Muarojambi, Batanghari dan Kerinci," ujar Kepala BKSDA Jambi Trisiswo kepada wartawan di Jambi, Kamis.

Menurut dia, kondisi itu terlihat dari kasus kemunculan seekor harimau liar di Jambi yang telah menyebabkan satu orang meninggal dan empat lainnya luka luka.

"Pergerakannya mulai dari daerah Merlung atau perbatasan Jambi-Riau, sebagian Kabupaten Batanghari dan Muarojambi hingga perbatasan Jambi-Sumatera Selatan. Sementara ada kasus kemunculan harimau di Kabupaten Kerinci belum lama ini," katanya.

Terkait hal itu, BKSDA Jambi bahkan tengah melakukan pembahasan terkait penanganan konflik satwa khususnya harimau di Jambi dengan mengundang berbagai pihak terkait seperti petugas dari Taman Safari Indonesia, Tim HarimauKita, para praktisi dan peneliti satwa liar serta beberapa organisasi pemerhati satwa liar.

"Beberapa hari ke depan akan kami rumuskan dan beberkan apa saja yang perlu dilakukan terkait konflik ini kepada media," katanya.

Sementara itu, Agus Budi Sucipto petugas dari Kementrian Kehutanan (Kemenhut) menyatakan, ke depan akan ada sosialisasi khusus kepada warga khususnya yang berada di daerah rawan konflik satwa.

Sosialisasi itu seperti warga tidak sembarangan keluar atau mendekati kawasan hutan sendirian. Warga juga dihimbau mengandangkan hewan peliharaannya agar tidak memancing reaksi dari satwa liar. Begitu juga agar anak-anak tidak sembarangan bermain diluar rumah.

Tim buru BKSDA Jambi saat ini tengah menyisir sejumlah daerah di Jambi untuk menangkap seekor harimau Sumatera yang masuk ke pemukiman dan menggegerkan sebagian warga Jambi selama hampir satu setengah bulan terakhir.

Dari dugaan sementara, si Raja Hutan yang telah menyebabkan satu orang meninggal dan empat luka-luka itu mengidap kelainan atau penyakit aneh.(Ant)

Pewarta: Bangun Santoso

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013