Jambi (ANTARA Jambi) - Berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), jumlah pemilih pemula di Kota Jambi mencapai 21 persen, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi Ratna Dewi.

"Dari hasil pendataan, jumlah pemilih pemula di Kota Jambi mencapai angka 21 persen, jika mereka tidak menggunakan hak pilihnya, dipastikan tingkat partisipasi pemilih di bawah 80 persen," ujarnya.

Namun data tersebut bisa saja berubah tergantung dengan hasil pemutakhiran yang dilakukan oleh PPDP nantinya.

"Ini data dari DP4, untuk data validnya di daftar pemilih tetap (DPT). Bisa jadi berkurang jika telah dilakukan verifikasi dari tim PPDP kami," katanya.

Dengan tingginya jumlah pemilih pemula tersebut, sosialisasi terhadap kelompok ini sangat penting dilaksanakan untuk memberi pengetahuan tentang Pemilu, sehingga nantinya diharapkan pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya.

"Anak-anak muda penting untuk ikut serta dalam sosialisasi pemilih pemula," jelas Ratna.

Saat sosialisasi yang dilakukan bekerja sama dengan instansi pemerintah, seluruh peserta sosialisasi dihimbau untuk dapat melihat dan memeriksa namanya di kelurahan.

Warga juga dapat mengecek di website KPU Kota Jambi di www.kpu-jambikota.go.id untuk memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Ia juga menjelaskan, Data Pemilih Sementara (DPS), mulai hari ini (1/04) sudah diumumkan di 62 kelurahan di Kota Jambi sekaligus untuk meminta tanggapan dari masyarakat apakah ada kesalahan dalam data pemilih sementara ini.

"Kita sudah minta PPK untuk melakukan supervisi. KPU sendiri akan turun pada hari berikutnya," tambah Ratna Dewi.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013