Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menargetkan tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA sederajat di daerah itu diatas 98 persen.

"Kami berharap bisa lulus 100 persen, namun saya yakin target kelulusan diatas 98 persen bisa tercapai," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi Erwan Malik usai meninjau pelaksanaan UN di Kota Jambi, Senin.

Meski setiap siswa memperoleh lembar soal berbeda satu sama lainnya, Erwan Malik mengaku optimistis tingkat kelulusan UN di Jambi bisa lebih meningkat dibanding 2012 lalu yang mencapai 98 persen.

"Karena bobot hasil UN adalah 60 persen, sementara ujian sekolah 40 persen untuk penilaian kelulusan," katanya.

Terkait akan kebocoran soal UN kali ini, Erwan Malik menyatakan dengan paket soal 20 menyebabkan setiap siswa memperoleh lembar soal yang berbeda dengan siswa lainnya. Dengan kondisi itu, ia menjamin tidak akan ada kebocoran soal.

"Kemungkinan saling contek juga tidak ada. Buktinya sampai siang ini saya belum menerima adanya laporan hal hal yang tidak diinginkan," ujarnya lagi.

Bahkan ia menjamin tidak akan ada kunci jawaban bocor. Meski demikian, ia tetap mewanti-wanti agar siswa jangan percaya adanya isu maupun pihak yang tidak bertanggungjawab.

Untuk itu, ia berharap siswa lebih meningkatkan fokus dalam belajar, sebab pelaksanaan UN hari pertama untuk SMA sederajat ini menjadi pelajaran dan pengalaman siswa dalam meningkatkan belajar menghadapi UN dua hari ke depan.

Berdasarkan data di Disdik Provinsi Jambi, akan ada 87.531 siswa SMP/SMA sederajat di daerah itu yang akan mengikuti UN tahun ini.(Ant)

Pewarta: Bangun Santoso

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013