Jambi (ANTARA Jambi)  -  Badan Pusat Statistik (BPS) Batanghari, Jambi, membentuk tim untuk melaksanakan Sensus Pertanian di delapan kecamatan di wilayah Kabupaten Batanghari.

Kepala BPS Batanghari Ir Edy Akson ketika dihubungi, Selasa, mengatakan, jumlah keseluruhan petugas yang membantu dalam pelaksanaan Sensus Pertanian sebanyak 344 orang.
 
Jumlah petugas dalam satu tim tersebut terdiri dari empat petugas, mereka akan melakukan sensus di 113 desa di delapan kecamatan.

Volume kegiatan Sensus Pertanian 2013 di Kabupaten Batanghari yang akan dilakukan tim tergantung dengan besar kecilnya nya desa. Jika desanya maka petugas cukup dibantu oleh satu tim saja.

Pelaksanaan sensus pertanian di Kabupaten Batanghari dimulai pada 1 Mei 2013.

"Saat ini kita masih melakukan pelatihan kepada semua petugas dan membentuk tim yang akan bertugas dalam pelaksanaan sensus itu nanti," katanya.
Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak empat gelombang dengan total peserta 344 orang.
 
Sensus pertanian yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia ini bertujuan untuk mendapatkan data yang akurat terkait sektor pertanian, kata Edy.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1997 tentang Statistik, penyelenggaraan sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus ekonomi dilakukan dalam 10 tahun sekali.

"Sensus Pertanian 2013 ini merupakan yang keenam kali diselengarakan di Indonesia," katanya.

Bidang pertanian yang akan disensus pada sensus kali ini mencakuyp enam subsektor, yaitu tanaman pangan, holkikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan.

Kepala Seksi Penanggung Jawab Sensus Pertanian BPS Batanghari, Darzal SE mengungkapkan, sensus pertanian mencakup seluruh usaha pertanian yang ada di Kabupaten Batanghari, dan dalam 300 rumah tangga akan didata oleh satu tim petugas sensus.(Ant)
 

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013