Jambi (ANTARA Jambi) – Pada penilaian lomba Posyandu tingkat nasional di Desa Mekar Jaya Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, Jambi, Bupati Batanghari, HA Fattah SH, dalam sambutannya mengatakan, Posyandu Teratai Mekar IV Desa Mekar Jaya telah meraih prestasi ke enam besar nasional dan sebagai salah satu nominasi juara nasional yang mewakili Provinsi Jambi pada tahun 2013.

Menurutnya, bahwa Posyandu merupakan wadah yang sangat tepat dan strategis dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Posyandu sangat berperan dan memiliki konstribusi yang sangat besar dalam membangun dan menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang sehat, cerdas dan berkualitas."

"Tentunya ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan membahagiakan bagi kita semua, khususnya Posyandu Desa Mekar Jaya Kecamatan Bajubang yang telah meraih perestasi ke enam besar tingkat nasional dan mewakili Provinsi Jambi pada tahun 2013 ini. Ini juga merupakan perjuangan keras serta kerjasama yang baik dari ibu-ibu PKK dan para kader Posyandu untuk meraih perestasi yang baik bagi Desa Mekar Jaya khususnya Kabupaten Batanghari,” kata Bupati.

Dia juga mengatakan, semua program yang dilaksanakan para kader di Posyandu merupakan upaya yang sangat mulia dan tanpa pamrih dalam membangun sumber daya manusia di Indonesia. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari sangat menghargai dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja kerasnya para kader Posyandu di Kabupaten Batanghari ini.

Sejak tahun 2006 hingga sekarang Pemkab Batanghari telah memberikan insentif setiap bulannya kepada 1.800 kader Posyandu. Selain itu, semua kader Posyandu beserta keluarganya diberikan jaminan pelayanan kesehatan gratis berupa fasilitas kesehatan sesuai dengan mekanisme prosedur pelayanan yang berlaku melalui program Jamkesmasda. Dan ini tidak terlepas dari bimbingan dan pembinaan mulai dari tingkat Kecamatan Kabupaten maupun Provinsi.

"Prestasi yang diukir oleh Posyandu Teratai Mekar IV ini merupakan bentuk keberhasilan yang luar biasa. Keberhasilan ini tentunya jangan membuat kita berpuas diri sebelum kita benar-benar dinyatakan yang terbaik di tingkat nasioanl yang dilakukan oleh tim penilai. Saya harap keberhasilan ini dapat meberi motivasi kepada Posyandu-Posyandu lain yang ada di "Bumi Serentak Bak Regam" Kabupaten Batanghari," ungkapnya.

Bupati juga menjelaskan, seperti pada tahun 2013, Kabupaten Batanghari telah berhasil meraih berbagai prestasi di tingkat Provinsi Jambi. Selain Posyandu ini masuk dalam nominasi tingkat nasional , juga pemanfaatan hasil toga, sekolah sehat dan program PNPM, P2WKSS dan lain-lain.

Bupati Fattah juga mengucapkan terima kasih kepada tim penilai dan penghargaan setulus-tulusnya atas kepercayaan menjadi posyandu Teratai Mekar IV Desa Mekar Jaya Kecamatan Bajubang masuk menjadi salah satu nominasi juara pada tahun 2013 ini.

Penilaian lomba Posyandu tingkat nasional di Desa Mekar Jaya Kecamatan Bajubang juga dihadiri Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Nasional, Susilawati Surbekti Beserta Rombongan, Anggota DPRD Batanghari, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Batanghari, Kepala SKPD Batanghari, Ketua PKK Batanghari, Kepala Desa, Camat dan tokoh masyarakat serta alim ulama Kabupaten Batanghari.(Ant/Adv) 

Pewarta: Heriyanto/Adv

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013