Jambi (ANTARA Jambi) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi, Daru Pratomo, mengatakan, Pemkot Jambi akan menertibkan gelandangan dan pengemis yang marak beroperasi di Kota Jambi belakangan ini.

Untuk itu, kata Sekda di jambi, Selasa, ia akan menugaskan Satpol Pamong Praja dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Sosnaker) Kota Jambi untuk melakukan penertiban.

"Akan ditertibkan. Nanti kita minta Satpol PP dan Sosnaker melakukannya, agar tidak berkeliaran bebas, terutama menjelang perayaan HUT Kota Jambi ke-67 yang jatuh pada 17 Mei nanti," katanya.

Menurut Daru, selama ini pihaknya telah berupaya melakukan penertiban terhadap gepeng di Kota Jambi, namun para gepeng tersebut tetap kembali ke Kota Jambi.

"Mereka balik lagi karena enak. Di Kota Jambi mereka banyak mendapat penghasilan, karena warganya murah hati," ujarnya.

Ia mengatakan, bersikap murah hati tidak dilarang, namun dari segi estetika, keberadaan gepeng tidak bagus, apalagi sudah ada peraturan daerah yang mengatur masalah gepeng tersebut.

"Memang kadang kita tidak tega melihat gepeng. Tapi dari segi estetika keberadaan mereka tidak bagus. Maka dari itu akan kita tertibkan," katanya.

Diharapkan saat HUT Kota Jambi para gepeng tidak berkeliaran lagi di berbagai sudut kota Jambi.

Saat disinggung mengenai kemungkinan adanya pihak-pihak yang sengaja menyalurkan gepeng ke Kota Jambi, Daru belum bisa memastikannya.

"Hal ini nanti Satpol PP dan Dinas Sosnaker yang akan melakukan pendataan," katanya.

Ia mengatakan, perayaan HUT Kota Jambi kali ini bukan saja dirasakan oleh pemerintah dan jajarannya, tapi juga dapat dirasakan oleh warga kota.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013