Jambi (ANTARA Jambi) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi menyatakan Kota Jambi harus sudah bersih dan terbebas dari segala spanduk pemilihan wali kota (Pilwako) mulai 19 Mei 2013.

"Penetapan empat kandidat peserta Pilwako Jambi 2013 akan dilaksanakan 18 Mei 2013. Pada 19 Mei 2013 Kota Jambi harus sudah bersih dari segala spanduk atau umbul-umbul kandidat wali kota maupun wakil wali kota," ujar Ketua KPU Kota Jambi Ratna Dewi di Jambi, Selasa.

Setelah resmi ditetapkan, keempat pasangan pada Pilwako Jambi juga dilarang melakukan sosialisasi hingga dimulainya masa kampanye pada 12-25 Juni 2013.

Sementara itu, anggota KPU Kota Jambi Agus Fiadi mengatakan, setelah ditetapkan menjadi calon, seluruh kandidat sudah terikat dengan peraturan KPU, sehingga kegiatan sosialisasi ke tengah masyarakat sudah dilarang sampai dibenarkan pada masa kampanye.

"Tidak boleh sama sekali melakukan sosialisasi dalam bentuk apapun. Untuk itu kami harapkan seluruh kandidat bisa membersihkan semua baliho dan spanduk yang tersebar di Kota Jambi," jelasnya.

Jika setelah penetapan ditemukan kandidat yang melanggar maka KPU hanya memberikan pemberitahuan dan teguran.

"Kita harapkan kandidat tidak melanggar aturan setelah ditetapkan menjadi calon, sehingga proses Pilkada di Kota Jambi bisa berjalan dengan lancar," ujarnya lagi.

KPU Kota Jambi resmi menetapkan empat pasangan kandidat yang sudah memenuhi persyaratan usai melakukan rapat pleno hari ini.

Keempat pasangan kandidat yang memenuhi syarat yaitu pasangan M. Sum Indra yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jambi berpasangan dengan M. Maulana diusung oleh PAN, PBR, PKPB, PBB, dan PDK.

Kedua, pasangan Sy Fasha-Abdullah Sani diusung Partai Golkar, PDIP, Gerindra, PPP, dan PDP. Ketiga, pasangan Efendi Hatta yang sebelumnya menjabat sebagai ketua DPRD Provinsi Jambi berpasangan dengan Asnawi AB diusung Partai Demokrat dan Partai Hanura.

Pasangan terakhir Bambang Priyanto yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Jambi berpasangan dengan Yeri Muthalib diusung oleh PKS, PPI dan PKB.  Pelaksanaan pemilihan wali kota Jambi dijadwalkan pada 29 Juni 2013.(Ant)

Pewarta: Bangun Santoso

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013