Jambi (ANTARA Jambi) - Pemkab Batanghari, Jambi, akan memberangkatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk melakukan studi banding ke Yogyakarta.

Bupati Batanghari, Jambi, HA Fattah SH, di Batanghari, Senin, mengatakan, studi banding tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparatur desa, khususnya BPD yang ada di daerahnya.

"BPD tersebut akan mempelajari tata cara pengelolaan keuangan desa," katanya. 

Studi banding itu sendiri akan dilaksanakan setelah lebaran tahun ini, sebab daerah ini setelah dilakukan survei mereka cukup baik dalam tata cara pengelolaan keuangan desanya.

Rencana studi banding ini, kata Bupati, sudah dibicarakan dengan dengan Kepala Badan Pemerintahan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Batanghari dan mereka siap untuk membawa BPD studi banding ke luar daerah.

Studi banding itu tidak hanya untuk BPD saja, tetapi para kepala desa juga akan diberangkatkan, sebab Kades dan BPD sama-sama aparatur desa yang merupakan pemimpin dalam desa.

Yogyakarta menjadi tempat dan tujuan studi banding, karena daerah ini tata cara pengelolaan keuangannya desanya cukup baik dan tertib, sehingga perlu dicontoh dan dipelajari.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013