Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menerima penghargaan sebagai provinsi terbaik pertama se-Indonesia dalam penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD).

Penghargaan berupa tropi tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Gubernur di Istana Negara Jakarta, Senin.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2013.

Selain menerima penghargaan terbaik pertama tentang penyusunan SLHD ini, Provinsi Jambi juga menerima penghargaan Piala Adipura, masing-masing untuk Kabupaten Sarolangun, Kota Jambi dan Kabupaten Bungo.

Gubernur mengatakan, dalam meraih penghargaan itu Provinsi Jambi mengalahkan Provinsi Sumatera Barat dan DKI Jakarta sebagai terbaik kedua dan ketiga.

"Jadi tiga provinsi yang dapat. Pertama Jambi, kemudian  Sumatera Barat dan DKI Jakarta. Tadi hanya tiga gubernur yang mendapat penghargaan ini," katanya.

Hasan Basri Agus menjelaskan, yang dinilai dalam penghargaan tersebut adalah upaya pencegahan potensi kerusakan lingkungan hidup, kemudian juga sejauh mana upaya pencegahan dan langkah yang diambil oleh pemerintah daerah.

Dalam penyerahan penghargaan itu, Presiden minta kepada Gubernur Jambi yang telah mendapat penghargaan provinsi terbaik se- Indonesia agar mempertahankan prestasi yang sudah diraih tersebut.

"Kita akan berupaya mempertahankan penghargaan ini, karena itu saya juga perlu dukungan masyarakat Jambi," katanya.

Menurut Gubernur, dengan mendapat penghargaan di bidang lingkungan hidup, menjadi tantangan untuk terus memperbaiki kondisi kelestarian lingkungan di Provinsi Jambi supaya lebih baik lagi.

Penghargaan ini, katanya, adalah penghargaan untuk masyarakat Provinsi Jambi.

Saat ditanya soal penekanan terhadap kabupaten/kota untuk mempertahankan penghargaan tersebut, Gubernur mengatakan, pihaknya sudah mengintruksikan kepada BLHD provinsi untuk mengkoordinir pihak kabupaten/kota untuk bersinergi, baik dalam program maupun penyusunan langkah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. (Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013