Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Rifai menegaskan, tidak ada tahapan tes dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2013.

"Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Jambi telah datang ke Kementerian Pendidikan kemarin. Dari pertemuan di Kementerian dinyatakan, tahun ini PPDB tanpa tes," katanya.

Dengan demikian, siswa yang ingin mendaftar ke sekolah jenjang yang lebih tinggi tidak terbebani lagi dengan tes-tes yang diselenggarakan oleh sekolah bersangkutan. PPDB 2013 dilaksanakan berdasarkan nilai akhir siswa yang bersangkutan.

Teknis penerimaan peserta didik baru seperti ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan, yakni untuk PPDB SD, SMP, dan SMA sederajat.

Siswa mendaftar mulai tanggal 14 Juni mendatang dengan hanya menyerahkan dokumen nilai akhir. Begitu juga dengan PPDB online yang dilaksanakan di enam sekolah percontohan.

"Yang online juga, nanti nilai akhir itulah yang diranking, yang diterima adalah siswa dengan rangking tertinggi sesuai dengan kuota sekolah itu," kata Rifai.

PPDB tahun ini, katanya, proporsinya adalah 60 persen berbanding 40 persen. 60 persen untuk persen untuk siswa yang masuk dengan perankingan nilai, dan 40 persen untuk siswa lingkungan sekolah, siswa berprestasi, serta siswa tidak mampu.

Namun, dari kuota yang 60 persen tersebut, lima persen di antaranya kuota untuk siswa dari luar daerah yang ingin sekolah di Kota Jambi.

"Tapi yang lima persen itu juga diranking nilainya dengan siswa lain. Kalau nilai tak cukup, kita isi dengan siswa dari Kota Jambi," ujarnya.

PPDB 2013 serentak dilakukan pada 14 Juni. Pengumuman PPDB kemungkinan keluar pada 22 Juni, sementara tanggal 24 atau 26 Juni untuk daftar ulang.

Dalam PPDB ini, katanya, siswa yang akan mendaftar ke SMA hanya diberikan satu pilihan sekolah saja, sedangkan untuk SMP ada dua pilihan. Jika di pilihannya tidak lulus, mereka bisa sekolah ke swasta.

Kuota untuk SMA lebih dari 5.500 kursi. Namun kuota itu untuk SMA sederajat negeri dan swasta. Kalau SD tidak perlu khawatir, jumlah SD ada 218 sekolah, tambahnya.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013