Jambi (ANTARA Jambi) - Kawasan percandian Muarojambi akan dijadikan sebagai kawasan cagar budaya nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kacung Marijan di Jambi, Selasa, mengatakan dalam waktu dekat Muarojambi akan dijadikan kawasan cagar budaya nasional.

Untuk melakukan itu pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan turun ke Kabupaten Muarojambi bersama dua direktur yang membidangi masalah pengesahan kawasan cagar budaya tersebut.

Keduanya adalah Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permusiuman Hary Widoanto dan Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Diah Harianti. Mereka turun ke lapangan untuk melakukan kajian.

Kegiatan kajian itu untuk penetapan kawasan cagar budaya Muarojambi sebagai cagar budaya nasional yang akan diusulkan ke Unesco.

Adapun dasar akan ditetapkan Muarojambi ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya adalah banyak situs yang ditemukan di daerah Muarojambi mulai dari ditemukannya sebanyak 82 situs dan yang sudah terdaftar resmi ada dua di Unesco.

"Tahun ini ditargetkan kawasan percandian Muarojambi bisa ditetapkan sebagai cagar budaya nasional," tegas Kacung Marijan.

Situs yang ditemukan di kawasam Muarajambi itu berupa benda sejarah maupun peninggalan lainnya hingga percandian.

Ditetapkannya kawasan cagar budaya Muarojambi karena sebagai amanah dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Selain itu, hasil kajian itu bahwa pusat kerajaan Sriwijaya dalam bentuk fisiknya yang paling banyak dilihat ada pada kawasan Muarojambi sedangkan di Palembang, Sumatera Selatan sudah tidak ada lagi.

Selain akan ditetapkan sebagai cagar budaya nasional, kawasan percandian Muarojambi juga akan dibuatkan master plan Situs Candi Muarojambi dari sisi percandian dan sejarahnya.

Pembuatan master plan akan melibatkan Pemprov Jambi, pemerimtah pusat dan Kabupaten Muarojambi.

Seiring dengan dicanangkannya kawasan cagar budaya nasional, Muarojambi juga akan ditetapkan sebagai kawasan strategi nasional bidang kebudayaan dan pendidikan khusus untuk cagar budaya.

Selain itu juga akan dibentuk badan pengelola cagar budaya nasional untuk Muarojambi, tambahnya.(Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013