Jambi (ANTARA Jambi) - Provinsi Jambi optimistis mampu menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pariwisata Festival Kubu yang akan dilaksanakan pada 10-13 September 2013.

Kepala Taman Budaya Provinsi Jambi, Ema ketika dikonfirmasi di Jambi, Minggu mengatakan, Festival Kubu yang akan dilaksanakan selama tiga hari itu menurut rencana akan dibuka oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus.

Festival Kubu tahun 2013 merupakan kali pertama diadakan dengan tujuan guna mengangkat kekayaan kearifan lokal masyarakat Kubu yang juga disebut dengan Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Provinsi Jambi.

"Kearifan lokal SAD belum banyak diketahui masyarakat dan harus diangkat karena ini merupakan salah satu potensi wisata Jambi," ujarnya.

Ema menjelaskan, selama Festival Kubu dilaksanakan, sekitar lima kelompok SAD akan beraktifitas di Taman Budaya Jambi, serta hidup dengan segala aturan adat yang selama ini telah mereka pegang dan jalankan. 
    
Selain itu, akan turut dihadirkan pameran alat-alat rumah tangga masyarakat SAD yang juga dikenal dengan Orang Rimba, alat-alat berburu, pameran fotografi serta penampilan seni tradisional Provinsi Jambi.
     
"Ada pameran fotografi, pameran alat masyarakat SAD, serta akan ditampilkan penampilan seni Siri Layang Pekasih," jelasnya.

Ia mengharapkan, program Festival Kubu dapat meningkatkan perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara serta lebih memperkenalkan kekayaan adat SAD kepada masyarakat di Provinsi Jambi.(Ant)

Pewarta: Putra Agung

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013