Jambi (ANTARA Jambi) - Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi Jambi pada Oktober 2013 menggelar lomba kreativitas pelajar dalam mendaur ulang barang-barang limbah industri menjadi barang yang bernilai guna dan bernilai ekonomi.

"Lomba kreativitas pelajar dalam mendaur ulang limbah an organik menjadi barang-barang kriya adalah salah satu materi lomba yang akan kita buka untuk kalangan pelajar tingkat SMP pada momentum Mubes Warsi pada 20 Oktober 2013," kata staf Deputi Humas Infokom KKI Warsi, Sukmareni di Jambi, Sabtu.

Ia mengatakan, lomba tersebut akan dibuka untuk pelajar tingkat SMP se Kota Jambi, sekaligus menggali inovasi baru model-model pemanfaatan limbah an organik industri yang selanjutnya dapat digunakan atau dimanfaatkan dan dikembangkan oleh masyarakat untuk pengembangan ekonomi kreatif yang digalakkan pemerintah saat ini.

Pemanfaatan limbah industri ataupun rumah tangga yang organik sudah sangat populer dengan berbagai model dan metoda pengolahan seperti pemanfaatan pengembangan pupuk organik kompos dan lainnya.

Sementara untuk limbah an organik hingga saat ini bentuk-bentuk pengolahannya masih sangat langka, karena itulah perlu cara untuk mencari metode itu dengan memancing kreativitas generasi muda, kata Reni.

Pada kegiatan yang digelar dengan memperebutkan hadiah total Rp20 juta untuk mendukung musyawarah besar KKI Warsi yang akan digelar 2 November 2013 tersebut juga akan digelar berbagai materi lomba lainnya untuk berbagai strata pendidikan masyarakat.

Misalnya, lomba menggambar untuk anak-anak SD se Kota Jambi, lomba menulis karya ilmiah untuk tingkat SMA dan mahasiswa se Provinsi Jambi, serta lomba fotografi untuk umum yang lombanya dibuka secara nasional.

"Tema besar kegiatan lomba adalah 'Masyarakat merespon perubahan iklim global' yang masing-masing tangkai lomba memiliki temanya sendiri-sendiri, seperti lomba kreasi daur ulang limbah sub temnya adalah 'Daur ulang guna mengurangi emisi karbon'. Kegiatan ini semuanya tidak dipungut biaya atau gratis," kata Reni.

Guna menyuskseskan kegiatan ini, KKI Warsi menjalin kerja sama dengan pihak sekolah-sekolah melalui korepondensi yang diharapkan dapat mengutus siswa-siswanya tanpa harus dibatasi oleh jumlah.(Ant)

Pewarta: Yupnical

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013