Jakarta (ANTARA Jambi) - Komite Konvensi Partai Demokrat di Jakarta, Minggu malam, secara resmi mendeklarasikan 11 peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat yang akan bersaing untuk mewakili partai itu pada pemilihan umum 2014.

Deklarasi itu dipimpin langsung oleh Ketua Komite Konvensi Partai Demokrat Maftuh Basyuni dan dihadiri oleh para pejabat tinggi partai tersebut.

Namun hingga acara dimulai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tidak terlihat ada di antara tamu undangan yang hadir.

Ke11 peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat itu berturut-turut adalah nomor urut satu Ali Masykur Musa, nomor urut dua Marzuki Alie, nomor urut tiga Pramono Edhie Wibowo, nomor urut empat Irman Gusman, nomor urut lima Hayono Isman dan nomor urut enam Anies Rasyid Baswedan.

Selanjutnya nomor tujuh adalah Sinyo Harry Sarundajang, nomor urut delapan Endriartono Sutarto, nomor urut sembilan Gita Wirjawan, nomor urut sepuluh Dino Patti Djalal dan nomor urut 11 adalah Dahlan Iskan.

Ke-11 peserta konvensi yang mengenakan jas hitam dan peci hitam itu kemudian diminta untuk membeberkan visi dan misinya jika terpilih.

Sementara itu sebelum deklarasi, Maftuh Basyuni terlebih dahulu menyampaikan jika konvensi dilaksanakan secara semi terbuka yang pesertanya berasal dari kader partai dan bukan kader.

Menurut Maftuh, konvensi akan dilaksanakan secara transparan yang ditunjukkan antara lain dengan pemilihan anggota komite konvensi yang mayoritas adalah bukan kader partai.

Mantan Menteri Agama itu juga menilai jika Susilo Bambang Yudhoyono telah melakukan gebrakan luar biasa dengan tidak mencalonkan istri dan anak-anaknya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat secara khusus telah berpesan kepada 11 peserta konvensi untuk saling bekerja sama dan "tidak saling jegal".

Pada kesempatan itu Maftuh juga menegaskan bahwa pemenang konvensi tidak ditentukan oleh petinggi partai namun berdasarkan survei popularitas. Oleh karena itu ia tidak akan menanggapi tuduhan jika komite konvensi diintervensi oleh partai.

Selama jalannya acara penyampaian visi dan misi peserta konvensi, ratusan pendukung peserta konvensi yang mengenakan kaos bergambarkan calon yang didukungnya terlihat meramaikan acara tersebut dengan membawa papan kertas, balon dan bendera guna menunjukkan dukungannya.(Ant)

Pewarta: GNC Aryani

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013