Pekalongan (ANTARA Jambi) - Menteri Pertanian Suswono menyatakan pemerintah akan membuka pintu impor hewan kurban sebagai upaya menjaga ketersediaan daging menjelang perayaan Idul Adha.

"Dengan harga hewan kurban yang saat ini masih tinggi, pintu tambahan impor daging sapi masih tinggi. Harapannya, dengan tambahan termasuk sapi siap potong, mudah-mudahan harga bisa turun," katanya di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan untuk menjaga keamanan pangan menjelang Hari Raya Idul Adha, pemerintah lebih konsentrasi terhadap kesehatan hewan kurban.

"Kami lebih konsentrasi bagaimana kondisi hewan-hewan yang dipotong untuk korban adalah hewan yang sehat karena beberapa penyakit yang berbahaya seperti anthrax, bisa mengakibatkan kematian pada yang mengonsumsi daging hewan tersebut," katanya.

Pemerintah pusat telah menerjunkan survei dan memantau kesehatan hewan kurban.

"Akan tetapi, tentunya ujung tombak pengawasan kondisi hewan kurban ada pada pemerintah kabupaten/kota karena setiap daerah pasti memiliki dokter hewan untuk memeriksa kesehatan kondisi hewan itu," katanya.(Ant)

Pewarta: Kutnadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013