Jambi (ANTARA Jambi) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, akan memaksimalkan sosialisasi tentang jadwal Pemilu 2014 ke masyarakat terutama yang tinggal di pedalaman dan pemilih pemula.

Anggota KPU Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) Ahmad Hadziq ketika dihubungi, Senin menjelaskan, masyarakat yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap masih banyak yang belum tahu soal jadwal pemilu legislatif.

"Dari hasil pantauan dan pengecekan ke lapangan ternyata masih ada warga pemilih yang belum tahu jadwal pasti pelaksanaan Pemilu legilatif 2014," katanya.

Umumnya mereka yahunya bahwa pemilu akan dilaksanakan tahun 2014, namun mereka tidak tahu jadwal pasti pencoblosan.

Oleh karena itu, kondisi ini menjadi pekerjaan rumah bagi KPU Tanjabar untuk terus mensosialisasikan jadwal pemilu, terutama kepada pemilih pemula, pemilih di pinggiran atau pedalaman dan kalangan ibu rumah tangga.

Sosialisasi itu sangat diperlukan mengingat sistem pemilihan tahun 2014 berbeda dengan pemilu sebelumnya, yaitu jika pemilu 2009 pemilih hanya mencontreng gambar maka tahun ini di surat suara hanya ada nomor urut dan nama calon anggota legsilatif.

"Pemilih memang harus mengenal siapa caleg yang akan dipilihnya," ujar Ahmad.

Namun demikian untuk melaksanakan sosialisasi itu, KPU masih dihadapkan pada kendala, terutama untuk mencapai daerah pedalaman, yaitu belum adanya kendaraan operasional lapangan, terutama kendaraan roda empat.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013