Jakarta (ANTARA Jambi) - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani berharap langkah Ketua DPP Partai Demokrat Ruhut Sitompul yang menyatakan dukungan kepada pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla diikuti dengan membawa gerbong pendukungnya.

"Kami berharap dukungan Bang Ruhut ini sungguh-sungguh dan membawa gerbong pendukungnya," kata Puan Maharani di Gedung MPR/DPR/DPDS RI, Jakarta, Selasa.

Puan Maharani menegaskan, pernyataan dukungan yang disampaikan oleh Ruhut Sitompul di Jakarta, Senin (23/6) malam, tidak akan mengubah strategi pemenangan pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Strategi pemenangan pasangan Jokowi-JK, kata dia, sudah disiapkan dan dimatangkan sejak jauh hari, sedangkan pernyataan dukungan dari Ruhut Sitompul, baru disampaikan Senin kemarin.

"Pernyataan dukungan dari Bang Ruhut akan menambah panjang barisan pendukung Jokowi-JK," katanya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini menambahkan, dirinya tidak meragukan dukungan Ruhut kepada pasangan Jokowi-JK meskipun selama ini dia dikenal sebagai politisi yang kontroversial.

"Bang Ruhut ini bagian dari seseorang yang punya keyakinan untuk mendukung Jokowi-JK," kata Puan.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf, mengingatkan Ruhut Sitompul agar tak membawa-bawa nama Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, dalam pilihan politiknya yakni mendukung pasangan Jokowi-JK.

Kalau sampai Ruhut membawa-bawa nama Susilo Bambang Yudhoyono, kata dia, maka dikhawatirkan muncul persepsi publik bahwa ketua umum Partai Demokrat ini bermain di dua kaki.

"Kalau sampai Ruhut menyebut-nyebut nama Pak SBY, nanti bisa diopinikan Demokrat bermain dua kaki," katanya.

Nurhayati menambahkan, terhadap sikap politik Ruhut Sitompul tersebut, pimpinan Fraksi Partai Demokrat segera memberikan sanksi dengan memindahkannya dari Komisi III ke Komisi VI DPR RI.

Fraksi Partai Demokrat DPR RI, kata dia, juga akan melaporkan secara tertulis perihal pilihan politik Ruhut  ini kepada DPP Partai Demokrat. (Ant)

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014