Jambi (ANTARA Jambi) - Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan aparatur pemerintah harus menjadi penyelesai masalah dan bukan menjadi sumber masalah.

"Aparatur yang baik adalah yang mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat tentang bagaimana mengejar kemajuan, menyelesaikan konflik serta memberikan arahan tentang cara-cara terbaik untuk mempercepat terwujudnya masyarakat sejahtera lahir dan batin," kata Wagub di Jambi, Kamis.

Pernyataan ini disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara dalam rangka meningkatkan disiplin PNS bertempat di lapangan kantor gubernur yang dihadiri pegawai dan pejabat eselon di lingkungan Pemprov Jambi.

Menurut Fachrori, pemerintahan adalah sebuah lapangan pengabdian kepada masyarakat yang harus mampu memenuhi harapan masyarakat.

"Untuk itu, kita semua harus mampu memacu diri, terus meningkatkan pengetahuan, wawasan tentang berbagai persoalan pemerintah dan kemasyarakatan. Saya tidak menghendaki pengetahuan dan wawasan yang dimiliki oleh aparatur jauh tertinggal dari pengetahuan dan wawasan masyarakat itu sendiri," katanya.

Dengan bekal pengetahuan, kemampuan dan keterampilan itu, aparatur dapat berbuar lebih banyak dan lebih baik untuk masyarakat, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Wagub berharap aparatur di lingkup Pemprov Jambi dapat terus meningkatkan dan memelihara disiplin serta membangun kemampuan untuk bekerja cerdas, cepat, berkualitas yang dilandaskan pada iman dan taqwa serta penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Hal ini perlu saya sampaikan, karena sebagaimana kita ketahui tantangan era globalisasi dan keterbukaan yang kita hadapi ke depan akan semakin kompleks," ujarnya.

Selain itu, seiring dengan keberhasilan pembangunan, pengetahuan dan wawasan masyarakat, hal ini juga berdampak pada tuntutan masyarakat yang semakin kritis akan kualitas pelayanan yang diberikan aparat pemerintah selaku abdi negara dan abdi masyarakat.

Pada kesempatan itu Wagub juga menyatakan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh komponen masyarakat dan aparatur di lingkup Pemprov Jambi yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu presiden.

"Kita bersyukur karena dapat melaksanakan pesta demokrasi tersebut dalam suasana aman, damai dan terkendali. Ini membuktikan bahwa tingginya kesadaran masyarakat untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan, menghargai perbedaan aspirasi politik sebagai dinamika dan kedewasaan berdemokrasi," ujarnya.

Apapun hasil pilpres tersebut, semua merupakan kehendak rakyat yang harus dihormati dan junjung tinggi, yang terpenting bagaimana menanamkan dan mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa karena hal ini merupakan modal untuk melanjutkan pembangunan di daerah, tambah Wagub.(Ant)

Pewarta: Edy Supriyadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014