Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 1.000 peserta dari berbagai daerah di Kabupaten Kerinci mengikuti kegiatan reli wisata motor pada lebaran hari ketiga yang digelar masyarakat Desa Lempur 50 Tumbi.

"Luar biasa sekali antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan reli wisata dengan kendaraan sepeda motor yang kita gelar pada lebaran hari ketiga," kata tokoh pemuda Desa Lempur 50 Tumbi, Guntur Meydan di Jambi, Selasa.

Guntur yang juga Kepala Bidang Destinasi dan Pengembangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi menjelaskan, kegiatan reli motor wisata bertajuk "Wisata Highland Park" tersebut digelar dalam rangka memeriahkan momentum liburan lebaran sebagaimana biasanya di Desa Lempur 50 Tumbi.

Setiap kali lebaran di Lempur 50 Tumbi ini digelar berbagai macam kegiatan pariwisata, seni dan budaya yang melibatkan masyarakat sebagai penyelenggara dan pengelola.

Namun tahun ini kegiatan reli motor wisata sangat diluar dugaan bisa diikuti oleh ribuan warga, mungkin ini juga dikarenakan sudah semakin banyaknya masyarakat yang sudah memiliki kendaraan sepeda motor, ujarnya.

Para peserta adalah kalangan masyarakat dari berbagai desa di Kerinci, bahkan ada kalangan wisatawan dari luar Provinsi Jambi, dari semua kalangan baik pria maupun wanita, tidak sedikit para remaja dan pelajar.

Adapun rute yang dipilih dalam reli motor wisata adalah mengunjungi atau melewati berbagai objek wisata yang ada di Kecamatan Gunung Raya seperti empat danau di Lempur 50 Tumbi, benteng dan makam Depati Parbo, Batu Patah dan lain sebagainya.

"Melihat tingginya animo masyarakat maka kegiatan ini telah kita agendakan akan kembali digelar pada tahun depan dengan format yang jauh lebih konseptual, tidak dadakan lagi seperti yang perdana ini," katanya.

Kegiatan ini sangat mendukung bagi publikasi Lempur 50 Tumbi sebagai objek utama program "Highland Park" yang kini tengah diajukan mendapat pengakuan dunia melalui Unesco, tambah Guntur.(Ant)

Pewarta: Yupnical

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014