Jambi (ANTARA Jambi) - Jalan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi tertimbun longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Senin (8/3) sore.

Informasi yang diperoleh, menyebutkan longsor terjadi di ruas jalan di kaki Bukit Rayo, Batang Asai. Longsor mengakibatkan kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas di ruas jalan tersebut.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi, Arpan membenarkan kondisi tersebut. Warga berharap pembersihan segera material tahan yang menimbun badan tersebut.

"Ya ada satu titik di sekitar Bukit Raya yang tertimbun longsor. Sekarang alat berat sedang menuju lokasi, hari ini juga kita upayakan jalan itu bisa dilalui kendaraan," kata Arpan.

Dijelaskannya, lokasi longsor tersebut berada enam kilometer dari lokasi alat berat yang mengerjakan jalan Batang Asai saat ini. Sehingga, alat berat itu langsung bisa diturunkan ke lokasi.

"Ada sekitar 20 meter jalan yang tertimbun longsor, tapi hanya satu titik yang memanjang. Itu sedang dalam upaya perbaikan," jelasnya.

Dia mengungkapkan,  dua minggu lalu juga terjadi longsor serupa di Jalan Batang Asai ini. Bahkan lebih parah karena ada delapan titik jalan yang tertimbun longsor.

"Ketika longsor cepat kita bersihkan dan perbaiki. Masyarakat sekitar kita harap mengerti dengan kondisi jalan Batang Asai seperti apa. Ketika hujan memang sangat rawan longsor," ujarnya.

Dia menambahkan, jalan Batang Asai mempunyai kultur tanah yang labil, sehingga sangat rawan terjadi longsor dan berlobang. Meski demikian pihaknya terus melakukan upaya perbaikan.

"Butuh anggaran besar untuk penanganan menyeluruh. Tapi secara bertahap kita lakukan penanganan, minimal jalan itu bisa dilalui secara fungsional, lalu lintas lancar dan kendaraan bisa masuk," katanya.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015