Jambi (ANTARA Jambi) - Sekitar 70 persen dari sebanyak 2.091 calon jamaah haji (calhaj) Provinsi Jambi telah selesai pembuatan paspor untuk keberangkatan menunaikan ibadah haji ke Mekkah, Saudi Arabia.

"Sekitar 70 persen dari total calhaj Provinsi Jambi telah selesai pembuatan paspornya, dan petugas imigrasi bekerja ekstra untuk menyelesaikan pembuatan paspor calhaj," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jambi Herman di Jambi, Rabu.

Disebutkan, para calhaj yang telah selesai pembuatan paspor itu masing-masing berasal dari Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, Merangin, Tebo dan sebagian Kota Jambi.

Herman menjelaskan, Jambi telah dipercayakan sebagai embarkasi antara haji untuk memberikan layanan pemberangkatan dan pemulangan para calhaj asal provinsi ini dan dimulai pada musim haji 2015.

"Mulai tahun ini, semua pelayanan calhaj sebelum bertolak ke Mekkah, Saudi Arabia, diberikan di asrama haji di Kota Jambi, termasuk pembuatan paspor, pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya calhaj diterbangkan ke Batam untuk transit pesawat, kemudian baru terbang langsung ke Saudi Arabia," katanya.

Dari total calhaj itu, ia menjelaskan embarkasi antara akan melayani jamaah untuk lima kelompok terbang, dengan masing-masing kloter berkisar sebanyak 450 orang

Saat ini, Herman menjelaskan pihak panitia sedang melangsungkan pelelangan bagi armada penerbangan untuk pengangkutan calhaj dari Jambi ke Batam. Kalau untuk
penerbangan, maka telah ditentukan diangkut oleh pesawat Saudi Air.

"Untuk penerbangan domestik calhaj yakni dari Jambi ke Batam dan sebaliknya, maka biaya transportasi tersebut ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Jambi," katanya menjelaskan.

Dipihak lain, Herman berharap pembangunan dan perluasan bandara Sultan Thaha Jambi bisa segera selesai pada 2016, sehingga Jambi dapat diusulkan menjadi embarkasi penuh untuk pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan haji daerah ini. (Ant)

Pewarta: Azhari

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015