Jambi(ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi menyerahkan pengelolaan asrama haji di Kota Jambi kepada Kementerian Agama (Kemenag) RI.

"Sertifikat tanah asrama haji sudah diserahkan Pemprov Jambi ke Kemenag. Sertifikat diserahkan kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI, Abdul Djamal," kata Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus di Jambi, Sabtu.

Dengan diserahkannya sertifikat tanah asrama haji itu, gubernur Jambi berharap Kementrian Agama dapat segera merevitalisasi pembangunan asrama haji sesuai standar kelayakan untuk kenyamanan dan kebaikan jamaah haji di Jambi

Dijelaskan gubernur, tahun 2015 ini provinsi Jambi akan menjadi Embarkasi Haji Antara (EHA), untuk itu diperlukan persiapan yang baik terutama perbaikan dan renovasi asrama haji.

"Ini merupakan kesepakatan bersama  dimana tanah asrama haji itu kita hibahkan ke Kementrian Agama, sebab kita tidak mampu untuk membangun sendiri  dengan lengkap," kata Hasan Basri.

Kementerian Agama, lanjutnya, menjamin bahwa asrama haji akan segera dibangun kelengkapannya, apalagi sudah menjadi embarkasi antara.

"Selama ini aset tanah asrama milik Pemerintah Provinsi Jambi tetapi bangunannya adalah milik Kementrian Agama, dan setelah kita serahkan akan kita hapuskan dari aset kita," kata gubernur.

Gubernur juga mengungkapkan bahwa pemerintah Jambi telah mempersiapkan diri untuk menjadikan Jambi sebagai embarkasi haji antara pada tahun ini.

"Semua fasilitas sudah kita siapkan begitu juga anggarannya sekitar Rp6 miliar, dan diharapkan dengan menjadi embarkasi haji antara akan menekan biaya perjalanan para jamaah haji Jambi," katanya. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015