Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmad Derita, menjelaskan hasil Ujian Nasional tingkat SMP/sederajat telah dikirim ke kabupaten dan kota untuk diumumkan secara serentak pada Rabu (10/6).

"Kita sudah minta pihak Dinas Pendidikan kabupaten dan kota agar mengumumkan kelulusan UN SMP/sederajat di masing-masing sekolah pada pukul 16.00 WIB, Rabu besok," katanya di Jambi, Selasa.

Selain itu, hasilnya UN tersebut akan dikirimkan oleh pihak sekolah ke orangtua siswa masing-masing. Ini agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, kata Rahmad.

Hasil UN, kata Rahmad bukanlah sebagai penentu, namun untuk memetakan sejauh mana pemerataan pendidikan dan evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang selama ini dilakukan sekolah di Jambi.

"Sebelum diumumkan dewan guru akan melakukan rapat untuk menentukan kelulusan bagi siswa, ini karena UN tidak lagi jadi penentu kelulusan siswa," katanya menjelaskan.

Pada saat penyerahan hasil UN nanti, guru di sekolah kata Rahmad juga harus memberi tahukan evaluasi hasil yang didapat siswa dan perbaikan apa yang perlu dilakukan.  

Dibandingkan tahun lalu, hasil UN tingkat SMP di Provinsi Jambi tahun ini melorot. hasil UN tahun lalu rata-rata ialah B, namun tahun ini hasil pencapaian nilai UN siswa rata-rata C.

Kendati demikian, Kadis Pendidikan Jambi, mengatakan UN tahun ini lebih mengedepankan kejujuran.

"Inilah sesungguhnya nilai kita. Ini dijadikan cermin untuk kita melakukan perbaikan. Kalau tahun sebelumnya hasil UN jadi penentu kelulusan, guru, orangtua, berusaha berbagai cara untuk mencari bocoran atau mencari kunci jawaban. Tapi tahun ini kondisinya tidak begitu," katanya.

Dia menambahkan, hasil yang merosot ini bisa dijadikan evaluasi perbaikan pendidikan di Jambi, sehingga tahun depan hasilnya akan lebih baik. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015