Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 9.426 orang lulusan SMA/sederajat mengikuti  tertulis Seleksi Bersama Masuk Peruguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Jambi (Unja).

"Pelaksanaan ujian berjalan lancar sejak pagi tadi. Dan jumlah peserta (SBMPTN) 2015 lebih banyak dibanding peserta tahun lalu berkisar 8.000 lulusan SMA/sederajat," kata Ketua panitia pelaksana lokal Maizar Karim di Jambi, Selasa.

Disebutkan, total peserta dari seluruh provinsi di Indonesia yang mendaftar SBMPTN di Universitas Jambi tercatat sebanyak 25.000 orang lebih, namun kuota yang disediakan hanya sebanyak 921 orang.

"Dari total kuota peserta dari luar Jambi itu bakal ditampung di 56  program studi dan yang paling banyak peminatnya adalah program studi  ekonomi mangement.  Yang mengikuti ujian tertulis ini memang tingkat kompetisinya sangat
ketat," kata Maizar Karim.

Dijelaskannya dalam penilaian SBMPTN,  nantinya akan dinilai dan dipertimbangkan dari hasil tes tersebut  oleh pusat. Sementara kalau SNMPTN sifatnya tidak tertulis dan panitia pusat hanya menyeleksi data mulai dari kompetensi akademiknya serta kualitas sekolah.

Maizar Karim menambahkan, di hari kedua nanti  peserta selanjutnya akan mengikuti ujian keterampilan yang diperuntukan bagi peminat program studi ilmu seni dan olahraga.

"Hasilnya akan diumumkan pada  9 juli 2015. Pengumuman itu biasanya akan dimuat   dimedia cetak tapi bisa juga dilihat melalui web  http://www.sbmptn.or.id," kata dia mejelaskan.

Sementara itu M Nur, seorang  peserta asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk bisa mendapat tiket sebagai mahasiswa Unja, meski jarak tempuh dari tempat tinggalnya ke lokasi ujian cukup jauh.
         
"Saya akan berupaya dengan ketekunan belajar, sebab sangat berminat bisa kuliah di Fakultas Keguruan dengan Prodi Fisika Unja. Doakan saya bisa lulus dan kuliah di Unja," kata dia. (Ant)

Pewarta: Gressi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015