Jambi (ANTARA Jambi) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jambi menyebutkan stok beras di gudang distributor di Kota Jambi saat ini tercatat sebanyak 52.175 ton, sementara estimasi kebutuhan masyarakat sebesar 42.728 ton.

"Kalau dilihat dari stok dan estimasi maka dapat disimpulkan bahwa persediaan beras di Jambi surplus," kata Ketua TPID Jambi Ridham Priskap di Jambi, Selasa.

Sementara itu, stok beras yang dikendalikan sepenuhnya oleh Bulog Divisi Regional Jambi mencapai 7.416 ton.

Dijelaskan bahwa dalam waktu dekat jumlah stok tersebut akan bertambah seiring dengan datangnya tambahan pasokan dari Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Lampung.

"Dengan jumlah tersebut, maka stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran raskin dan lainnya seperti operasi pasar sampai dengan tiga bulan kedepan," kata Ridham Priskap yang juga Sekda Provinsi Jambi itu.

Sementara itu, stok sapi dan kerbau untuk mencukupi kebutuhan daging masyarakat Kota Jambi selama Ramadhan dan Idul Fitri berdasarkan data Dinas Peternakan Provinsi Jambi tercatat sebanyak 3.799 ekor.

Stok sapi dan kerbau tersebut kata Sekda cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat kota Jambi yang diproyeksikan mencapai 3.353 ekor selama Ramadhan dan Idul Fitri.

"Untuk mengantisipasi gejolak harga, Dinas Peternakan Provinsi Jambi akan rutin menggelar operasi pasar daging sapi segar dan daging sapi beku di beberapa titik di Kota Jambi pada minggu pertama Ramadhan dan H-3 Idul Fitri," katanya.

Sedangkan harga komoditas bumbu-bumbuan seperti bawang merah, bawang putih dan cabe merah di Kota Jambi kata Sekda mengalami  kenaikan karena peningkatan permintaan menjelang bulan Ramadhan.  

Meski demikian, kenaikan harga cabai akan berada pada tingkat yang wajar selama Ramadhan dan Idul Fitri, seiring meningkatnya pasokan dari kabupaten di Provinsi Jambi. Diprediksi pada Juni mencapai 2.759 ton dan Juli sebanyak 3.156 ton.

Untuk stok gula pasir yang berada di gudang distributor Kota Jambi, Sekda menyebutkan bahwa saat ini tersedia 6.697 ton, sedangkan kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan sebesar 5.592 ton. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015