Jambi (ANTARA Jambi) -  Pemerintah Kota Jambi menyediakan sebanyak 7.300 paket barang kebutuhan pokok (bako) murah untuk warga kurang mampu menjelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jambi Komari di Jambi, Selasa, mengatakan paket bako murah tersebut nantinya akan dibagikan untuk warga kurang mampu yang tersebar di delapan kecamatan.

Dirincikan, untuk masing-masing kecamatan mendapat jatah sekitar 912 paket dengan menggelar pasar murah di daerahnya.

"Pasar murah ini akan dimulai pada 29 Juni 2015, dengan lokasi pertama di Kecamatan Jelutung, dan pasar murah ini digelar di lokasi strategis seperti di lapangan dan di kantor camat," katanya.

Paket murah tersebut diantaranya berisi beras, tepung terigu, mentega, minyak goreng, kacang tanah, dan telur. Untuk satu paket, masyarakat dapat membeli seharga Rp40.000 meski di pasaran dengan harga Rp62.000 per paket.

"Artinya, masing-masing paket mendapat subsidi dari pemerintah senilai Rp22.000," katanya menjelaskan.

Komari mengatakan, sebelum membeli bako murah itu nantinya masyarakat akan dibagikan kupon terlebih dulu yang telah melalui pendataan oleh masing-masing kelurahan.

"Tentunya pembagian kupon ini sudah melalui pendataan dari kelurahan, dan sudah ada 7.300 kupon yang akan kita bagikan," katanya menjelaskan.

Untuk mengantisipasi adanya kenakalan masyarakat supaya tidak berulang kali mendapatkan paket sembako murah itu, maka bagi warga  yang telah mendapatkan paket bako itu akan diberi tanda dengan cap jari.

"Nanti ada cap jarinya, jadi hanya satu kali pembelian saja, tidak boleh dua kali ataupun sampai tiga kali," ujar Komari. (Ant)

Pewarta: Gressi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015