Jambi (ANTARA Jambi) - Pihak pengelola Bandara Sultan Thaha Syaifudin Jambi, memperkirakan terjadi lonjakan penumpang mudik lebaran yang diperkirakan mencapai 5.000 orang lebih melalui bandara tersebut pada H-3 Idul Fitri atau Selasa (14/7).

Manager Operasional Bandara STS Jambi, Gurit Setiawan di Jambi, Senin, mengatakan, peningkatan jumlah pemudik sudah terjadi sejak H-7 Idul Fitri, namun puncaknya mencapai 5.000 orang lebih menggunakan jasa angkutan udara melalui bandara STS Jambi pada H-3 lebaran ini.

Jumlah frekuensi penerbangan dari dan ke Jambi melalui bandara STS itu saat ini tercatat sebanyak 36.

"Pada H-3 besok, jumlah pemudik yang melalui Bandara Jambi ini bisa mencapai 5.000 orang lebih ," kata Guritn.

Dikatakan Gurit, peningkatan tersebut diperkirakan dari pemudik yang datang ke Jambi mencapai 3.000 orang yang dilayani dengan 21 frekuensi penerbangan, sedangkan yang berangkat mencapai 2.000 jiwa dengan 19 frekuensi penerbangan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari bagian informasi bandara, hingga pukul 12:00 Wib tadi siang, sudah ada 12 frekuensi penerbangan dengan 1.500 lebih jumlah penumpang.

"Ini akan meningkat lagi, sehingga diperkirakan jumlah penumpang jalur udara besok pagi mencapai 5.000 orang lebih," katanya.

Gurit juga mengungkapkan, saat ini sudah ada dua maskapai penerbangan yang mengajukan penambahan frekuensi penerbangan yaitu Citylink dan Lion Air.

"Baru Citylink yang sudah mulai mengoperasikan penambahan penerbangan, kalau untuk Lion Air sudah mengajukan tetapi belum dioperasikan," kata Gurit menjelaskan.

Sementara itu, Manager Lion Air, Mardanus mengatakan, meskipun pihaknya telah mengajukan penambahan frekuensi penerbangan, namun sampai saat ini belum dioperasikan dan penumpang masih bisa dilayani dengan menggunakan frekuensi penerbangan reguler.

"Kemungkinan pada arus balik frekuensi penerbangan tambahan ini akan kita operasikan," kata Mardanus.

Mardanus juga mengatakan, Lion Air  melayani penumpang enam penerbangan tujuan Jambi-Jakarta dan dua penerbangan tujuan Jambi-Batam.

"Perharinya ada sekitar 1.700 penumpang mudik yang kita angkut," kata Mardanus menambahkan. (Ant)

Pewarta: Gressi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015