Jambi (ANTARA Jambi) - Memasuki H+3 Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, arus balik di jalur lintas Sumatera bagian barat dan timur terpantau normal dan lancar.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Amsyarnedy di Jambi, Senin, mengatakan bahwa kepadatan arus balik sejak pagi tadi memang belum terlihat dan aktivitas lalu lintas pun masih seperti biasa.

"Sepertinya H+3 belum ada peningkatan arus balik, di jalur lintas terpantau biasa-biasa saja. Begitu juga aktivitas di terminal Alam Barajo Jambi, mungkin puncaknya Selasa (21/7) besok," kata Amsyarnedy.

Peningkatan arus balik di jalan lintas Sumatera di wilayah Jambi kemungkinan juga terjadi pada Sabtu dan Minggu (25-26/7) sebab anak sekolah baru akan masuk tanggal (27/7) Senin depan.

"Anak-anak sekolah baru masuk Senin depan dan pegawai kantor juga masuk pada tanggal (22/7) lusa, jadi arus balik memang belum terjadi kepadatan. Namun yang balik tetap terlihat tapi bertahap," katanya menjelaskan.

Dia juga mengungkapkan, saat arus mudik, semua penumpang terlayani dan Terminal Jambi tidak kekurangan bus angkutan penumpang AKAP dan AKDP. Kondisi itu diharapkan juga terjadi pada arus balik ke Jambi.

Pemudik yang berangkat dari Jambi tujuannya yakni Provinsi di Sumatera seperti Medan, Pekan Baru, Padang, Palembang, Lampung dan Bengkulu. Namun tercatat banyak pemudik dengan tujuan pulau Jawa.

Petugas di pos pelayanan kata Amsyarnedy masih 'standby' memantau dan memberi pelayanan informasi khususnya kepada pemudik.

Petugas akan berjaga hingga H+7 lebaran.

Amsyarnedy juga mengatakan selama arus mudik, jalur lintas Sumatera bagian barat dan timur tidak mengalami kemacetan.

Kendaraan pemudik baik roda doa dan roda empat bisa melaju dengan kecepatan sedang.

"Alhamdulillah tidak terjadi kemacetan di tempat-tempat keramaian seperti persimpangan dan pasar tumpah," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015