Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, festival Danau Kerinci dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat, khususnya bagi penduduk di kawasan objek wisata andalan provinsi ini.

"Saya mendukung kegiatan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) untuk pelestarian alam dan budaya, serta untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan," katanya di Kerinci, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Hasan Basri Agus saat membuka Festival Danau Kerinci di Kabupaten Kerinci.

Jika makin banyak orang yang berkunjung ke destinasi wisata suatu daerah, maka perputaran uangnya akan semakin banyak pula, dan berdampak positif terhadap geliat perekonomian daerah tersebut, termasuk mendorong tumbuhkembangnya ekonomi kerakyatan, kata gubernur.

Ia  mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi akan terus mendukung pengembangan wisata di seluruh kabupaten/kota di wilayah ini.

Dikatakannya, Kabupaten Kerinci dianugerahi alam yang indah dan subur, dan memiliki banyak destinasi wisata, baik alam, budaya, dan sejarah. Dan keberadaan Danau Kerinci merupakan salah satu destinasi wisata andalan di provinsi ini.

Gubernur mengimbau seluruh masyarakat Kerinci untuk melestarikan lingkungan dengan baik, untuk keseimbangan ekologi dan untuk pengembangan ekonomi.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adi Rozal mengatakan, Festival Danau Kerinci merupakan agenda nasional, sebagai pemanfaatan potensi wisata daerah, yang diarahkan untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Festival dimulai hari ini hingga 3 Agustus.

Adi Rozal mengatakan, pada Festival Danau Kerinci XIV tahun 2015 ini, sebagian sarana jalan Provinsi Jambi di Kerinci, sudah bagus dan memadai.

Adi Rozal juga mengharapkan dukungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jambi, BUMN, BUMD, dan investor untuk  meningkatkan wisata Kerinci, sebagai bagian dari upaya  membangun dan memajukan daerah ini.

Dia menambahkan, sebanyak 350 orang lebih pelaku UMKM di Kabupaten Kerinci ikut dalam Festival Danau itu. Pelaku UMKM itu pun telah mengikuti pelatihan, baik di kabupaten, provinsi, maupun nasional, tambahnya. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015