Jambi (ANTARA Jambi) - Jumlah siswa yang masuk di sekolah gratis dari jenjang pendidikan tingkat SD, SMP hingga SMA di Kota Jambi mengalami peningkatan pada tahun ajaran 2015.

"Kalau yang mendaftar jenjang SMA tahun ajaran 2015 mencapai 127 orang, namun yang bisa kita terima hanya sebanyak 85 orang. Sedangkan tahun lalu hanya 16 orang, " kata Ketua Yayayan Sekolah Pertiwi Nuraida di Jambi, Selasa.

Dibukanya sekolah gratis jenjang SMP dan SMA itu untuk membantu meringankan masyarakat kurang mampu menyekolahkan anak-anaknya, kata dia menambahkan.

"Sekolah kami memang telah ditetapkan oleh pemerintah khusus untuk menampung siswa dan siswi dari orang tua kurang mampu," kata Nuraida.

Sedangkan yang mendaftar untuk jenjang SMP pada tahun ajaran lalu itu sebanyak 29 orang, namun 2015 mencapai 159 orang.

Untuk jenjang Sekolah Dasar tahun lalu yang daftar hanya 67 orang di tahun 2015 ini menjadi 113 orang pendaftar.

Sementara itu Wali Kota Jambi Sy Fasha mengatakan, untuk sekolah gratis tersebut pihaknya menanggung peratalan sekolah mulai dari seragam dan alat tulis serta biaya SPP.

Pemkota Jambi juga berencana menambah bangunan sekolah pertiwi tersebut menjadi dua lantai dan menambah ruangan kelas, sehingga bisa menampung banyak siswa yang kurang mampu.

"Karena melihat animo masyarakat yang sangat tinggi, bangunannya akan kita tambah, supaya bisa menampung lebih banyak lagi,"kata Fasha.

Fasha menargetkan ditahun 2016 akan ada tambahan sekolah swasta yang gratis minimal ada satu sekolah gratis yang dikelola oleh Pemkot di setiap kecamatan.
     
    

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015