Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyediakan dua unit bus sekolah gratis sebagai upaya menekan angka kecelakan lalu lintas khusus kepada pelajar di daerah itu.

Wali Kota Jambi Sy Fasha, di Jambi, Senin, mengatakan, kedepan kalau program bus sekolah gratis ini berjalan sukses maka pihaknya akan menambah lebih banyak lagi bus untuk mengangkut para pelajar.

"Untuk usia pelajar yang belum memiliki SIM kami minta agar  tidak membawa kendaraan bermotor sendiri ke sekolah, sehingga ini bisa menekan angka kecelakan pelajar," kata Fasha, usai 'launching' bus sekolah gratis itu.

Selain untuk menekan angka kecelakaan pelajar, bus sekolah itu kata Fasha juga akan meringankan beban orang tua mengeluarkan ongkos perjalanan anaknya ke sekolah, sehingga bisa dialihkan untuk pembiayaan lain.

"Untuk operasional dua unit bus itu sudah dialokasikan Pemkot mulai dari upah supir, bahan bakar dan biaya perawatan," katanya.

Bus tersebut merupakan bantuan dari Kementrian yakni  satu unit dan satu unit bus lagi merupakan bus lama milik pemerintah kota yang diberdayakan kembali.

"Bus ini gratis, jadi kalau ada supir atau pun oknum lainnya yang menarik biaya silahkan lapor pada saya,"  ujarnya.

Sementara itu kepala Dinas Perhubungan kota jambi, Agus Setiawan, mengatakan, untuk rute perjalanan bus sekolah gratis itu akan melewati jalan-jalan protokol, start mulai dari Simpang Rimbo kemudian menuju Sipin, dan Kota Baru.

"Mulai start pukul 06.15 Wib, kemudian disiang harinya pada saat jam pulang sekolah, satu unit bus tersebut mempunyai kapasitas 40 seat tempat duduk," kata Agus menjelaskan. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015