Jambi  (ANTARA Jambi) - Harga daging sapi ditingkat pedagang di sejumlah pasar di Kota Jambi sejak sebulan lalu itu hingga kini masih bertahan yakni Rp120.000 per kilogram. 
     
Kabid perdagangan dalam negeri pada Dinas Perindustrian dan Pedagangan Provinsi Jambi Filda Deviarni di Jambi, Rabu, menjelaskan seharusnya harga daging sapi di pasaran saat inisudah turun setelah  kenaikannya pada bula puasa Ramadhan lalu.

 Namun, kata dia, bertahannya harga daging sapi yakni Rp120.000 per kilogram ditingkat pedagang di Pasar Tradisional Talang Banjar, Simpang Pulai dan Pasar Induk Angso Duo itu karena pasokan berkurang .

Para pedagang menyebutkan seharusnya harga daging dijual di pasaran  seusai puasa Ramadhan 1436 Hijriah  itu senilai Rp90.000-Rp100.000 per kilogram.

Selain itu, sebagian besar pedagang daging sapi dan kerbau di Pasar Induk Angso Duo Kota Jambi kini tidak membuka kiosnya. Dari sebanyak 32 kioas pedagang sapi dan kerbau itu yang buka hanya delapan pedagang.

Tidak jualannya para pedagang itu karena   pasokan sapi dan kerbau  yang  umumnya dari  Provinsi Lampung itu terbatas sejak sepekan terakhir. Selain itu harga daging yang harus ditebus pedagang ke pedagang besar juga cukup tinggi. 

Dipihak lain, Filda Deviarni menjelaskan harga besar, gula pasir, minyak goreng ditngkat pedagang di Kota Jambi juga masih stabil seperti sepekan sebelumnya karena pasokan lancar dari daerah sentra.

"Cuma ada beberapa jenis barang kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami fluktuasi selama ini yakni cabai merah, cabai rawit hijau," kata dia.

 Harga cabai merah misalnya, saat ini mencapai penurunan dari sehari sebelumnya yakni dari Rp44.000 kini turun menjadi Rp36.000 per kilogram.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015