Jambi (ANTARA Jambi) - Pawai Kemerdekaan yang menjadi agenda tahunan Pemprov Jambi setiap peringatan HUT RI, Selasa pagi dipadati puluhan ribu warga Jambi yang menyaksikan dari disisi kiri-kanan jalan yang dilalui.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Edi Erizon di Jambi, Selasa mengatakan pawai kemeredekaan HUT RI ke-70 tahun ini diikuti 130 peserta mulai dari instansi, institusi dan dunia pendidikan.

"Peserta yang mengikuti pawai kemerdekaan ini sebanyak 130 peserta, mereka mulai star dari depan SMPN 2 Kota Jambi dan finis di depan rumah dinas Gubernur Jambi," kata Erizon.

Pantauan di lapangan, pawai kemerdekaan di mulai oleh para pelajar se-Provinsi Jambi, anak-anak dari perwakilan sekolah masing-masing menampilkan ide kreatifnya masing-masing.

Setelah itu disusul peserta pawai dari jajaran Polda, Polresta Jambi dan TNI. Dua institusi ini menampilkan bermacam-macam bentuk pasukan yang siap mengamankan bangsa Indonesia umumnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan kendaraan hias dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Jambi. Pawai kendaraan hias ini adalah peserta pawai yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Jambi.

Tercatat 51 mobil hias bermacam bentuk melintasi rute jalur pawai kemerdekaan, sorak uforia warga yang menyaksikan pawai pun bersahutan, sepertinya masyarakat puas dengan penampilan peserta pawai.

Salah satu warga Kota Jambi, Hendro, mengaku setiap tahun menyaksikan pawai kemerdekaan ini, sebab pawai sudah menjadi tradisi masyarakat Jambi sejak tahun 90an.

"Pawai ini digelar satu hari setelah peringatan HUT RI, yakni setiap tanggal 18 Agustus, biasanya dilanjutkan lomba pacu perahu, tapi sepertinya tahun ini tidak dilombakan. Pawai kemerdekaan ini adalah rangkaian kegiatan menyambut HUT RI. Tahun ini sepertinya penontonya luar biasa banyak dibanding tahun lalu," kata Hendro.

Sementara itu, Kapolda Jambi Brigjen Lutfi Subihanto, mengaku mengerahkan kekuatan maksimal dalam pengamanan pawai kemerdekaan ini. Sebab antusias warga menyaksikan pawai sangat luar biasa. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015