Jambi (ANTARA Jambi) - Kapolda Jambi, Brigjen Pol Lutfi Lubihanto bersama anggota turun ke jalan membagi-bagikan ribuan masker secara gratis kepada masyarakat pengguna jalan akibat kabut asap yang semakin menebal melanda Kota Jambi beberapa hari terakhir ini.

Pembagian masker ini berlangsung di depan Mapolda jambi, Kamis, yang dipimpin langsung Kapolda bersama staf jajarannya kepada pengguna jalan raya khususnya pengendara sepeda motor.

Kapolda Lutfi lubhianto mengatakan, pembagian masker ini sendiri merupakan rangkaian dari kegiatan kepolisian untuk membantu masyarakat Kota Jambi khusus pengguna jalan raya yang terkena dampak kabut asap tebal yang melanda Jambi saat ini.

Ribuan masker gratis tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang melakukan aktivitasnya di luar rumah.

Tahap pertama ini polisi menyiapkan sebanyak 3.500 masker yang akan dibagikan secara bertahap yakni hari ini dibagikan 2.500 masker dan sisanya seribu masker akan dibagikan keesokan harinya.

Masker sendiri difungsikan untuk kepentingan kesehatan, dimana setiap anggota masyarakat yang beraktivitas di luar khususnya jalan raya, diwajibkan mengenakan masker agar bisa terjaga kesehatannya karena udara di luar sudah cukup mengganggu kesehatan.

Terkait dengan upaya hukum dan langkah kepolisian dengan kejadian atau timbulnya asap yang disebabkan dari kesalahan manusia sendiri, Kapolda Lutfi menyebutkan pihaknya telah melakukan upaya lebih lanjut.

"Sebagai antisipasi menghadapi titik api kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan upaya-upaya preventif yakni memberikan pemahaman dan imbauan kepada masyarakat terkait timbulnya titik api yang disebabkan kesalahan manusia itu sendiri," kata Lutfi.

Dalam penegakan hukum polisi juga sudah melakukan pemeriksaan dan penyidikan terhadap kasus pembakaran lahan dan hutan yang sengaja dilakukan untuk membersihak lahan mereka. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015