Jambi, 28/8 (ANTARA Jambi) - Dinas Kesehatan Batanghari meminta masyarakat mewaspadai penyakit yang muncul saat musim kemarau dan kabut asap, terutama kasus infeksi saluran pernafasan atas (Ispa).
  
"Masyarakat diimbau mewaspadai penyakit kerap terjadi pada musim kemarau dan kabut asap ini sebagai upaya meminimalkan kasusnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Batanghari Ayub Khan di Muara Bulian, Jumat.
  
Dinkes Batanghari, kata dia akan mengambil langkah-langkah antisipasi musim kemarau dan kabut asap yang sedang melanda wilayah ini, yang memungkinkan meningkatnya penyakit  Ispa dan diare.

"Kita sudah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi virus dari musim kemarau dan asap yang sedang menyelimuti wilayah Batanghari," kata Ayub Khan.

Selain itu,  Dinkes Batanghari juga sudah membuat surat kepada seluruh Puskesmas terkait  kewaspadaan menghadapi musim kemarau dan kabut asap ini.

"Kita juga mengimbau warga agar gunakan masker jika kabut asap pekat, guna antisipasi penyakit Ispa dan diare nanti," katanya.

Meski demikian, Ayub Khan menjelaskan sejauh ini belum ada peningkatan kasus Ispa dan diare yang dilaporkan dari masing-masing puskesmas. (Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015