Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kota Jambi meminta siswa di daerah ini agar masuk sekolah seperti hari biasa namun tetap menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Kepada  siswa untuk semua jenjang kecuali PAUD/TK agar masuk sekolah seperti biasa pada senin (28/9) besok," kata Wali Kota Jambi SY Fasha dalam siaran pers yang diterima Antara, di Jambi, Minggu.

Pemkot Jambi kembali mengintruksikan sekolah agar tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar, pasalnya kondisi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Jambi bergerak menurun dari kategori berbahaya menjadi kategori tidak sehat.

Dengan kondisi kabut asap yang masih menyelimuti Kota Jambi tersebut, Walikota meminta pihak guru untuk mengurangi aktivitas belajar siswa di luar ruangan.

"Siswa harus tetap menggunakan masker untuk mengantisipasi dampak dari menghirup kabut asap itu," kata Fasha.

Wali Kota mengatakan,  jika kondisi pencemaran udara tersebut kembali memburuk maka pihak sekolah dapat memulangkan siswanya lebih awal dan menunggu intruksi Pemkot untuk pemberitahuan selanjutnya.

"Kalau kondisinya naik di level bahaya, siswa bisa dipulangkan lebih cepat dan guru bisa memberikan tugas tambahan di rumah," kata Wali Kota menjelaskan.

Selain itu , Fasha juga meminta kepada kepala sekolah di Kota Jambi agar selalu melakukan kordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat.

Sementara itu, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Jambi menyatakan bahwa kondisi udara yang terpantau melalui alat milik kementrian LHK yang ditempatkan di tengah Kota Jambi itu menempati level 162 kategori udara tidak sehat.

"Kondisi ISPU di Kota Jambi Minggu, pukul 09:30 Wib diangka 510 dan kemudian bergerak menurun pada konsentari minimal 162 pada pukul 15.00 Wib," kata Kepala BLHD Provinsi Jambi, Rosmeli.

Pewarta: Gressi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015