Jambi (ANTARA Jambi) - Aktivitas sejumlah sekolah di Kota Jambi dan Kabupaten Tanjungjabung Timur Provinsi Jambi, Selasa,  kembali diliburkan menyusul tambah pekatnya kabut asap melanda daerah itu.

Pantauan wartawan Antara di Jambi, Selasa, siswa dari beberapa sekolah seperti Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Jambi baru mengetahui tidak adanya aktivitas belajar mengajar saat tiba di sekolah pada pagi hari.

"Ya, ini ada pengumuman tertulis 'hari ini libur' yang ditempelkan di pintu masuk sekolah," kata Ade, pelajar MTsN Jambi.

Para orang tua yang mengantarkan anak-anaknya ke sekolah, mengaku tidak ada pemberitahuan khusus terkait libur sekolah ini.

"Setelah sampai ke sekolah, saya langsung membawa pulang  anak-anak kembali ke rumah, karena di sekolah memang tidak ada orang," kata Eli, orang tua dari salah seorang siswa Madrasah Ibtadaiyah Kota Jambi.

Kabut asap pada Selasa tampaknya bertambah pekat dengan jarak pandang di jalan raya di Kota Jambi hingga pukul 08.00 WIB diperkirakan hanya 200 meter.

Lumpuhnya aktivitas belajar dan mengajar juga terlihat di Sekolah Dasar (SD-36) Kotabaru Kota Jambi. Sebagian orang tua juga sempat mengantarkan anak-anaknya ke sekolah, namun setibanya di sekolah baru diketahui tidak ada aktivitas belajar dan mengajar.

"Informasi dari sekolah, anak-anak kembali diliburkan mulai Selasa hingga Jumat karena kabut asap bertambah pekat menyelimuti Jambi sejak beberapa hari terakhir," katanya.

Nurleli, orang tua dari salah seorang pelajar menjelaskan, satu sisi memang berat melepaskan anak untuk berangkat ke sekolah karena kabut asap masih pekat, namun disisi lain libur selama ini menyebabkan anak-anak cukup banyak tertinggal pelajaran.

"Bencana asap telah menyebabkan kita panik. Satu sisi jika terlalu lama libur berdampak tertinggalnya pelajaran sekolah. Di sisi lain, anak ke sekolah dengan kondisi udara berbahaya akibat kabut pekat akan mengkhawatirkan kesehatannya," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jambi meminta siswa di daerah tersebut agar masuk sekolah seperti hari biasa namun tetap menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Kepada  siswa untuk semua jenjang kecuali PAUD/TK agar masuk sekolah seperti biasa pada senin (28/9) besok. Pemkot Jambi kembali mengintruksikan sekolah agar tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. (Ant)

Pewarta: Azhari

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015