Dodi Saputra
    
Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Ambo Tang, diminta mengawal dan menjamin netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Penjabat Gubernur Jambi  Irman di Jambi, Rabu, mengatakan menyukseskan pelaksanaan Pilkada sehingga  bisa berjalan aman dan lancar sudah menjadi kewajiban seorang kepala daerah.

"Bupati bersama Forkompimda diminta dapat menciptakan suasana kondusif dalam Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Bupati juga harus menjamin netralitas PNS dan mengawal Pilkada serentak sebagai bagian dari wilayah NKRI," kata Irman.

Menurut Irman, Pilkada serentak 9 Desember merupakan tahap pertama, jika disuatu daerah tidak sukses maka Pilkada akan tercemari dan memungkinkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah berkurang.

Ambo Tang dilantik menjadi Bupati Tanjabtim pada Selasa (6/10), menggantikan Zumi Zola Zulkifli yang maju di Pilgub Jambi 2015. Sementara Ambo Tang sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati Tanjabtim.

Gubernur juga meminta Ambo Tang  untuk sesegera mungkin membangun komunikasi dengan legislatif, Forkompimda, serta Camat agar pemerintahan berjalan dengan baik,

"Sebagian besar masyarakat di Tanjung Jabung Timur merupakan petani dan nelayan. Jadi kebijakan yang diambil pemerintah harus mengarah kepada pelayanan masyarakat," kata Irman menjelaskan.

Selain itu, seorang bupati kata Irman harus bisa mengantisipasi dan mencari solusi dampak kekeringan akibat kemarau panjang yang tengah terjadi di Jambi.

"Jangan sampai ada kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi, jangan sampai ada warga yang tidak bisa makan. Jangan sampai ada PHK di perusahaan supaya kehidupan masyarakat kita tetap stabil disituasi seperti saat ini," ujarnya.

Di samping itu kata Irman, bupati juga diminta untuk sering turun ke tengah-tengah masyarakat guna melihat langsung kesulitan-kesulitan yang sedang dirasakan warga.

"Infrastruktur perkebunan harus diperhatikan, bupati harus lebih banyak lihat ke bawah. Pelayanan harus fokus untuk masyarakat," katanya menambahkan.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Timur Ambo Tang,  mengaku optimistis dapat melaksanakan roda pemerintahan yang ditinggalkan Zumi Zola. Sebab selama menjabat Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur dirinya bersama Zumi Zola kompak dalam berbagai program.

"Saya akan jalankan tugas dan program yang telah disusun, intinya kita ikhlas. Sebab membangun akan terasa sulit jika kita tidak ikhlas," kata Ambo.

Pewarta:

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015