Jambi (ANTARA Jambi)- Tujuh pelajar Sekolah Dasar di Kota Jambi membacakan impian dan harapan  mendapatkan "udara sehat"  untuk dimasukan ke dalam tabung ekspedisi kapsul 2085. 

Kordinator panitia daerah Provinsi Jambi Dwi Kurnia Hartati di Jambi,  Kamis, mengatakan, mobil ekspedisi kapsul 2085  memasuki wilayah ini  Selasa (6/10) untuk menjemput impian dan harapan  masyarakat provinsi berjuluk "Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" itu.

"Impian dan harapan yang dimasukan ke dalam ekspedisi kapsul itu diantaranya masyarakat Jambi ingin mendapatkan udara sehat yang terbebas dari polusi kabut asap, kata dia.

Selain itu masyarakat Jambi  berharap harga komoditas unggulan seperti karet dan kelapa sawit agar lebih baik sehingga perekonomian Jambi menjadi maju, kemudian juga  ingin mendapatkan fasilitas pendidikan dan sarana  publik yang layak.

Sementara itu, Ketua rombongan zona Sumatera, Jabidi Ritonga mengatakan, ekspedisi kapsul 2085 itu muncul dari semangat Kemerdekaan Indonesia ke-70 untuk menghimpun impian dan harapan masyarakat dari 34 provinsi di Tanah Air, dan nantinya dibuka pada 70 tahun mendatang atau tahun 2085.

"Jambi merupakan Provinsi ke enam yang kami singgahi setelah start perdana dari Sabang, Provinsi Aceh," katanya.

Lebih lanjut, katanya  ekspedisi kapsul tersebut rencananya akan berakhir di Merauke, Papua. Kapsul itu dijadikan monumen serta seluruh potret dan dokumentasi budaya kearifan lokal dari setiap provinsi akan ditampilkan pada monumen kapsul tersebut.

"Ini merupakan cara untuk membangun semangat kerja dan berfikir untuk kemajuan negeri Indonesia," kata dia.

Dia mengatakan, di  Jambi tim ekspedisi telah mengunjungi objek yang mempunyai kearifan lokal dan seni budaya seperti objek wisata Candi Muaro Jambi. Dari Jambi, tim ekspedisi kapsul akan  melanjutkan perjalanan ke Sumatera Selatan.

Tanggapan gubernur

Sementara itu,  Penjabat Gubernur Jambi, Irman yang hadir dalam penyambutan tim ekspedisi kapsul itu mengatakan, pihaknya mendoakan agar tim ekspedisi kapsul selalu diberi kesehatan dan keselamatan hingga sampai dititik akhir yakni di Merauke.

"Semoga tim ekspedisi berjalan lancar, dan tidak ada halangan selama diperjalanan. Dengan  adanya ekspedisi tersebut, masyarakat Jambi bisa lebih terdorong  mewujudkan impian dan harapan itu," kata gubernur.

Tentunya semua impian dan harapan tersebut dapat terwujud dengan semangat kerja keras dan doa, kata Irman mejelaskan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015