Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 1.200 personil gabungan TNI, Polri, Dishub dan Satpol-PP disiapkan untuk mengamankan kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Jambi, Jumat (30/10) besok.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 042 Garuda Putih Mayor (inf) Imam Syafi'i mengatakan Presiden RI dijadwalkan tiba di Jambi Jumat (30/10) sekitar pukul 10.00 atau pukul 11.00 WIB.

"Presiden dijadwalkan akan mendarat di Bandara Sulthan Thaha Jambi menggunakan Helikopter yang diterbangkan dari Palembang," kata Imam di Jambi, Kamis.

Imam mengatakan bahwa personil gabungan pengaman Presiden sudah melakukan gelar pasukan di Makorem 042 Garuda Putih Jambi Kamis pagi.

Sejumlah lokasi direncanakan akan menjadi tujuan kunker Jokowi.

Di Kota Jambi Jokowi direncanakan akan meninjau penanganan pasien Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) di Puskesmas Putri Ayu.

Kemudian Presiden juga akan mengunjungi Asrama Haji untuk meninjau rumah singgah yang sudah disiapkan bagi masyarakat rentan terkena dampak asap.

"Itu kita persiapkan, namun lokasi pastinya besok Presiden yang tentukan," kata Imam menjelaskan.

Presiden juga akan melaksanakan sholat Jumat di Kota Jambi, Presiden juga direncanakan akan makan siang di Kota Jambi, setelah itu baru bertolak ke Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Kabupaten Sarolangun untuk melihat langsung kondisi orang rimba yang terdampak asap.

Imam mengatakan Presiden dijadwalkan hanya satu hari di Jambi. Usai sholat Jumat, Presiden beserta rombongan langsung bertolak ke Bukit Duabelas menggunakan helikopter.

Kedatangan Presiden akan didampingi oleh sejumlah Menteri namun Imam belum bisa memastikan Menteri apa saja yang akan ikut dalam kunjungan tersebut.

Berdasarkan kunjungan-kunjungan sebelumnya, diperkirakan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Menkopolhukam Luhut B Panjaitan akan mendampingi Jokowi ke pemukiman orang rimba itu.

Dari bukit dua belas, kata Imam, Presiden tidak akan kembali lagi ke kota Jambi namun akan langsung terbang kembali ke Palembang menggunakan helikopter.

"Kalau jadwalnya begitu, tapi kita tak tau bagaimana besok," kata Imam menambahkan.

Presiden RI Joko Widodo sudah empat kali dijadwalkan mengunjung Jambi selama kabut asap, namun selalu gagal karena pesawat Kepresidenan tidak bisa mendarat di Bandara Jambi akibat jarak pandang terbatas akibat kabut asap.

Agenda Jokowi kali ini tidak berbeda dengan agendanya beberapa waktu lalu.

Namun Jokowi direncanakan juga untuk mengunjungi pemukiman orang rimba di Bukit Duabelas, Kabupaten Sarolangun. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015