Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Perkebunan Kabupaten Batanghari akan mendistribusikan sebanyak 426.500 batang bibit karet unggul untuk para petani di Kecamatan Muaratembesi dan Mersam.

 "Ratusan ribu bibit karet unggul itu akan ditanam di lahan seluas 925 hektare yang tersebar di dua kecamatan tersebut," kata Kepala Bidang Produksi pada Disbun Batanghari Nurdin Sitanggang di Muarabulian, Kamis.

Disbun, kata dia, sebelum mendistribusikan bibit karet unggul itu terlebih dahulu melakukan verifikasi dilapangan sehingga penyalurannya tepat sasaran sehingga tidak ada warga yang berhak, namun tidak mendapatkan bantuan pemerintah tersebut.

 Bibit karet unggul ini, jelas Nurdin Sitanggang, berasal dari kawasan Sungai Tiga, Lingkar Selatan Kota Jambi dan Singkut Kabupaten Sarolangun.

 Pengadaan bibit karet unggul yang disalurkan secara gratis kepada masyarakat petani itu, ia menjelaskan anggarannya bersumber dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara serta APBD setempat tahun 2015.

Untuk pendistribusian bibit karet unggul gratis ini dipastikan realisasinya pada pertengahan November 2015. Bibit yang akan didistribusikan adalah jenis PB 260 dan IR 113.

 Para penerima manfaat bantuan pemerintah itu, Nurdin Sitanggang menjelaskan secara teknis adalah masyarakat yang masing-masing memiliki areal kebun dua hektare dan berlokasi di Kabupaten Batanghari.

 Dipihak lain,  ia juga menjelaskan Pemkab juga akan memberikan subsidi kepada petani untuk pengadaan bibit kelapa sawit. Harga bibit kelapa sawit yang disubsidi pemerintah itu kisaran Rp17 ribu per batang dari harga normalnya Rp30 ribu per batang. (Ant)


Pewarta: Heriyanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015