Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi terus membina para pemandu wisata di Kabupaten Kerinci sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Kita akan terus adakan pelatihan dan pembinaan bagi kelompok pemandu wisata untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai pemandu," kata Kepala Bidang Destinasi Wisata Disbudpar Provinsi Jambi, Guntur di Jambi, Minggu.

Guntur menjelaskan, pembinaan dan pelatihan tersebut diantaranya meningkatkan kapasitas berbahasa Inggris dan juga managemen pelayanan. Dengan kapasitas itu otomatis wisatawan yang berkunjung bisa merasa nyaman, aman dan meninggalkan kesan.

"Akan ada pengetahuan bagi masyarakat dan pengelola wisata sehingga bisa bersikap ramah, sopan santun dan harus sesuai prinsip pariwisata," katanya.

Selain itu, pembinaan untuk meningkatkan kapasitas pemandu wisata itu, kata Guntur merupakan bagian dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2016.

Sementara dengan dibukanya rute penerbangan komersial ke Kabupaten Keinci itu, maka Pemprov Jambi dan Pemkab Kerinci akan berkordinasi untuk meningkatkan infrastruktur menuju daerah tujuan wisata (DTW).

"Artinya Kabupaten Kerinci haru siap dengan peningkatan infrastrukturnya, oleh karena itu kami akan mengadakan kordinasi guna menunjang hal itu," kata Guntur.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015