Kualatungkal (ANTARA Jambi)  - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat   menetapkan lokasi yang sama untuk kampanye akbar bagi tiga pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati periode 2016-2021.

Ketua KPUD Tanjabbar, Apnizal melalui Divisi Hukum KPUD Tanjab Barat  M Haziq di Kualatungkal, Senin,  menjelaskan pasangan nomor urut 3 yakni Anwar Sadat-Suhatmeri (Asri) mendapat  kesempatan pertama kampanye akbar,  pada  29 November 2015.

Selanjutnya pasangan nomor urut 2 Mukri-Harnuni (Murni) pada tanggal 3 Desember 2015, sedangkan pasangan nomor urut 1 Safrial dan Amir Sakib (SAFA) justru mengambil kesempatan berkampanye pada hari terakhir sebelum hari tenang yakni tanggal 5 Desember 2015.

Penetapan tersebut, menurut Haziq, mengacu pada PKPU No. 7 tahun 2015 tentang pelaksanaan Rapat Umum Kampanye Akbar, dimana diatur untuk Pilkada Kabupaten diberi jatah satu kali kesempatan kampanye akbar. Ini sedikit berbeda dengan jatah untuk pilkada gubernur yang diberi dua kali jatah kampanye akbar.

“Untuk tanggal pelaksanaan kampanye mereka sendiri masing-masing pasangan itu yang memilih tanggal pelaksanaannya. Setelah itu nanti akan ada masa tenang mulai dari tanggal 6 Desember hingga 8 Desember 2015,” jelas M Haziq.

Awalnya, lanjut Haziq, ketiga Paslon itu ditawarkan opsi untuk Kampanye di Ulu atau Ilir. Tapi ternyata masing-masing pasangan itu sama-sama lebih memilih titik kampanye akbar mereka di wilayah Tungkal Ilir ketimbang wilayah Ulu.

“Titik pelaksanaan kampanyenya berkemungkinan besar di gedung runtuh di jln Patunas, Kualatungkal. Dengan pengerahan massa dibatasi maksimal 3.000 orang,” tambahnya.

Sementara itu, dari masing-masing tim pemenangan paslon mengaku sudah mempersiapkan diri untuk menghidupkan suasana kampanye akbar. 

Rahman, tim pasangan nomor urut 2  misalnya  mengaku kemungkinan besar akan mengundang artis dangdut ibu kota untuk memeriahkan acara.

Sedangkan pasangan No. Urut 1, Tim pemenangan  menyebutkan ada banyak opsi, selain berencana menggelar Tabliq,  juga menggelar jalan santai.

Sementara Tim Pemenangan Pasangan nomor urut 3,   memanfaatkan moment kampanye akbar bakal menggelar tabligh Akbar,  ungkap Suprayogi, Ketua  media center tim Asri. (ant)

Pewarta: Kenneta

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015