Jambi (ANTARA Jambi) - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) bersama PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jambi memberikan pelatihan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di provinsi itu guna menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA).

"Usaha mikro ini perlu dibekali untuk memahami bagaimana dapat mengelola bisnis dengan baik sehingga bisa bertahan dan berkembang untuk menghadapai persaingan MEA," kata Executive Vice President I PT PNM Arief Mulyadi  di Jambi, Rabu.

Dalam siaran pers yang diterima Antara di Jambi, ia menyebutkan sebanyak 24 pelaku UMKM merupakan  mitra binaan Jasa Raharja tersebut diberikan pelatihan selama dua hari , mulai 25 hingga 26 November 2015
       
Menurutnya, pembiayaan modal yang disertai pendampingan usaha merupakan diferensiasi PNM dengan usaha mikro. Pendampingan usaha yang disertai pelatihan seperti ini sejalan dengan prioritas pembangunan nasional Kabinet Kerja.

Dijelaskannya, pelatihan bagi pelaku usaha mikro mitra binaan tersebut adalah untuk mengembangkan usaha mereka dari aspek pengolahan produksi, pengelolaan managemen, pengelolaan distribusi hingga pemasaran.

"UMKM di Jambi mempunyai potensi untuk mengembangkan bisnisnya sesuai dengan potensi bisnis di daerah tersebut seperti bisnis songket, batik, makanan dan lainnya," kata dia.

Sementara itu Pemimpin PNM Cabang Jambi, Anang Fatkur Rochman, mengatakan kerja sama dengan PT Jasa Raharja  merupakan yang kedua kalinya dilakukan.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas usaha serta kemampuan managerial dan distribusi pelaku UMKM akan terus maju dan berkembang sehingga masyarakat madani yang sejahtera dan mandiri akan terwujud," ujar Anang.

Dipihak lain, Anang menyebutkan, kinerja positif  pembiayaan PNM Cabang Jambi yaitu pembiayaan Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) per oktober 2015 telah mencapai Rp74 miliar.

"Itu disalurkan melalui 15 Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) kepada nasabah kami yang tercatat hingga periode yang sama yakni sebanyak 1.589 nasabah," kata Anang menambahkan.(Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015