Jambi (ANTARA Jambi) - Sekda Provinsi Jambi Ridham Priskap mengatakan bahwa Batanghari Festival adalah sebuah kegiatan  keperiwisataan  yang bertujuan  untuk mengangkat kearifan budaya lokal guna menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Melalui kegiatan ini harapan kita adalah terwujudnya pembangunan industri pariwisata Jambi dimasa mendatang," katanya di Jambi, Rabu.

Hal tersebut disampaikan terkait penyelenggaraan Batanghari Festival yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi selama empat hari, terhitung sejak 25 November 2015. 

Festival yang diselenggarakan di tepian sungai Batanghari ini merupakan agenda tahunan dan penyelenggaraan 2015 merupakan yang kedua dengan menampilkan berbagai potensi wisata di provinsi berjuluk "Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" itu.

"Ada pameran budaya dan pariwisata, sektor perdagangan, koperasi dan UKM, industri kreatif serta kegiatan lainnya," kata Sekda.

Sekda mengatakan, sekitar 80 persen wilayah Jambi tersebut dibelah  sungai Batanghari yang harus dilestarikan dan di jaga ekosistemnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwsata  Provinsi Jambi Edi Erizon mengatakan, pada event Batanghari  Festival 2015 ini juga dihadiri peserta dari Provinsi Sumatera Barat. 

"Dalam event ini kita juga mengundang  pihak Kementrian Pariwisata dan  partisipasi dari Provinsi Sumatera Barat yaitu Payakumbuh dan Bukit Tinggi," katanya. 

Dengan adanya event Batanghari Festival ini, kata dia,  diharapkan akan meningkatkan pencitraan pariwisata nasional dengan kekayaan destinasi yang  indah dan eksotik serta layak dikunjungi oleh wisatan.

"Dan juga ini merupakan sarana promosi produk atau jasa unggulan Jambi kepada masyarakat luar," katanya menambahkan. 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015