Jakarta (ANTARA Jambi) - Pemanasan global akan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya karena emisi gas rumah kaca yang secara alami naik juga terpengaruh peningkatan suhu menurut hasil studi baru dari Linköping University, Swedia, yang mengukur emisi methana.

"Semua menunjukkan bahwa pemanasan global terjadi akibat kegiatan manusia yang meningkatkan emisi gas rumah kaca alami. Pengukuran detil kami mengungkapkan satu pola jelas dari emisi methana yang lebih besar dari danau-danau pada suhu lebih tinggi," kata Sivakiruthika Natchimuthu, mahasiswa program doktoral di Tema Environmental Change, Linköping University, dan penulis utama publikasi soal itu.

Dalam dua tahun terakhir tim riset di Linköping University sudah menyumbang sejumlah studi yang semuanya menunjuk ke arah yang sama: emisi gas rumah kaca alami akan meningkat ketika iklim lebih hangat.

Dalam studi terakhir, para periset meneliti emisi gas rumah kaca methana dari tiga danau. Mereka melihat emisi methana meningkat secara eksponensial bersama temperatur dalam hasil studi yang dipublikasikan di Limnology and Oceanography.

Pengukuran mereka menunjukkan bahwa pada peningkatan suhu dari 15 sampai 20 derajat Celsius, tingkat emisi methananya hampir dua kali lipat.
 
Sementara peningkatan antropogenik emisi gas-gas rumah kaca diperkirakan dan dimasukan dalam prediksi iklim, perkembangan emisi alami masih kurang jelas.

Tidak ada pengetahuan tentang siklus jahat yang muncul, yakni bahwa emisi gas rumah kaca dari pembakaran bahan bakar fosil menimbulkan peningkatan suhu, yang pada gilirannya akan meningkatkan emisi alami dan pemanasan lebih lanjut.

"Kami tidak bicara tentang hipotesis lagi. Buktinya tumbuh dan hasil dari studi-studi rinci sangat jelas," kata David Bastviken, profesor di Tema Environmental Change, Linköping University.

Ini berarti pemanasan akan lebih cepat dibandingkan dengan yang diperkirakan dari emisi gas rumah kaca antropogenik saja.

Menurut Profesor Bastviken ini juga berarti bahwa setiap pengurangan emisi gas rumah kaca antropogenik adalah kemenangan ganda, mengurangi efek langsung pada pemanasan dan juga mencegah umpan balik peningkatan emisi alami.

Pewarta:

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015