Jambi (ANTARA Jambi) - Pembangunan gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi dianggarkan dana senilai Rp90 miliar dengan dua kali tahun anggaran, yakni 2016 dan 2017.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston di Jambi, Jumat, mengatakan gedung baru dewan yang bersebelahan dengan bangunan lama itu rencananya lima lantai dengan 75 ruangan dan dilengkapi eskalator.

"Pembangunan gedung baru itu sudah 10 tahun diusulkan tapi banyak yang menolak, kalau sekarang tidak bisa lagi karena memang sangat dibutuhkan," kata Cornelis, usai paripurna pengesahaan RAPBD 2016.

Nantinya, setiap dewan kata Cornelis mempunyai satu ruangan, sebab dewan merupakan tokoh di Dapilnya yang setiap saat harus bisa melayani masyarakat.

"Kalau sekarang anggota dewan duduknya seperti anak SD, satu ruangan ramai-ramai. Jadi ketika mereka mau menerima tokoh masyarakat atau siapa yang berasal dari Dapilnya memang tidak ada tempat lagi," katanya.

Pertimbangan lain penambahan gedung baru itu yakni ketika DPRD menggelar moment besar seperti HUT RI ataupun provinsi. Dimana tamu yang sudah lanjut usia tidak lagi mampu menaiki tangga gedung yang ada.

"Orang-orang tua kalau ke gedung mereka susah naik tangga, turunnya juga susah, kan kasihan. Untuk itu kita buat escalator naik turun," katanya menjelaskan.

Cornelis mengatakan penambahan gedung baru itu ditargetkan selesai akhir Desember 2017, artinya gedung baru sudah bisa digunakan pada tahun 2018.

"Dana yang dibutuhkan sekitar Rp90 miliar, pengerjaan dimulai tahun 2016 dengan anggaran awal Rp10 miliar. Tahun berikutnya kita anggarkan lagi Rp80 miliar," ujarnya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015