Jambi(ANTARA Jambi)- Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi berencana mengembangkan objek wisata Danau Sipin sebagai kawasan tujuan wisata karena danau tersebut memiliki potensi besar.

Wali Kota Jambi Sy Fasha di Jambi, Sabtu, mengatakan, untuk mengembangkan objek wisata Danau Sipin itu saat ini pihaknya telah menyusun rencana induk dan kemudian 2016 kembali akan menyusun Detail Engineering Design (DED).

"Kita sudah menyusun masterplannya, tahun 2016 tinggal menyusun DED. Kalau DED-nya ini sudah selesai maka tahun 2017 sudah kita mulai pembangunannya," katanya usai gotong royong pembersihan Danau Sipin.

Menurutnya, objek wisata Danau Sipin di Kecamatan Telanaipura itu saat ini belum dikelola dengan baik dan belum tersedia fasilitas rekreasi sehingga masyarakat belum menjadikan danau ini sebagai tujuan wisata.

"Danau Sipin saat ini memang belum menjadi tujuan wisata, karena itu kita akan kembangkan ini, sehingga kita harapkan nantinya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan," katanya menjelaskan.

Danau Sipin dengan luas 89,2 hektare, dan berjarak sekitar empat kilometer dari pusat Kota Jambi itu nantinya akan disediakan tempat istirahat atau 'rest area' agar pengunjung bisa menikmati sunset. Selain itu dipinggiran danau tersebut juga akan dibuat arena joging.

"Kita juga akan membuat restoran terapung dengan air mancur ditengah-tengahnya, danau ini akan kita perindah," katanya.

Pihaknya juga akan mengatur keramba-keramba milik petani pembudidaya ikan yang memanfaatkan kawasan Danau Sipin tersebut serta akan memberikan pemahaman terhadap masyarakat sekitar.

"Nanti kita atur untuk lokasi keramba milik masyarakat di sini, kita juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat soal pembangunan wisata itu," katanya menambahkan.(Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015