Jambi (ANTARA Jambi)- Pelaku pariwisata yang tergabung dalam kelompok "Padmasana" di komplek Candi Muarojambi, Provinsi Jambi, membuka pusat layanan gratis bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata candi itu.

"Pusat layanan gratis itu untuk pelayanan wisatawan yang berkunjung ke candi pada libur akhir tahun ini," kata Ketua kelompok pemandu wisata Padmasana, Ahok di Jambi, Selasa.

Pusat layanan gratis tersebut, kata Ahok nantinya untuk wisatawan yang ingin diantarkan mengenali dan memahami benda-benda purbakala yang terdapat pada komplek candi terluas di Asia Tenggara itu.

"Nanti kalau ada wisatawan yang mau diantarkan keliling candi atau pun hanya sekedar bertanya, kami di pusat layanan gratis ini siap untuk melayani," ujarnya.

Selain itu, pusat layanan gratis itu juga nantinya akan menyediakan obat dan tempat istirahat yang nantinya juga untuk wisatawan yang kelelahan atau pun sakit.

"Pusat layanan gratis ini akan kami dirikan di dalam kompleks candi itu pada 25 Desember 2015 mendatang," katanya.

 Selain pusat layanan gratis tersebut, kelompok pariwisata Padmasana yang mempunyai anggota sekitar 40 pemandu wisata itu nantinya juga akan membuka stand usaha kreatif untuk wisatawan.

 "Nah untuk membuka pusat layanan gratis itu, dananya ya dari hasil jualan usaha kreatif kita seperti kaos dan usaha kreatif lainnya," ujarnya.

Dia mengatakan, objek wisata Candi Muarojambi yang berjarak 26 kilometer arah timur dari Kota Jambi itu, pada libur akhir tahun jumlah kunjungan wisata lokal bisa mencapai belasan ribu.

"Kalau cuacanya bagus, tingkat kunjungan wisatawan lokal bisa mencapai 10 ribu - 15 ribu orang, dan semoga nanti cuacanya bagus dan cerah sehingga ramai dikunjungi," katanya.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015